Ada Komplain, Gibran Bakal Revisi Harga Makanan di Solo Safari

143

Soloevent.id – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka akan merevisi harga tiket masuk Solo Safari dan harga makanannya. Saat ini objek wisata yang dulu bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) tersebut menyediakan food court agar wisatawan dapat menikmati aneka kuliner di kebun binatang.

Dalam pertemuannya dengan wartawan di Istana Pura Mangkunegaran pada Kamis, 23 Februari 2023, Gibran menegaskan harga makanan maupun minuman di food court Solo Safari itu lebih murah dibanding Makunde.

Makunde merupakan sebuah restoran yang juga terletak di Solo Safari, di mana para pengunjung bisa menyantap hidangan sambil menyaksikan hewan singa. Selain singa, terdapat sejumlah satwa lain yang dapat diamati dari restoran ini seperti kuda zebra, rusa, meerkat, dan wildebeest. Semua kolaksi ini merupakan hewan asli dari Afrika.

Dapat Kritikan dan Masukan

Ketika ditanya jurnalis dari berbagai media terkait dengan segmen pasar Solo safari, Gibran ingin menjangkau semua golongan masyarakat. Selanjutnya dia mengaku jika selama beberapa hari ini sering mendapat beragam kritikan dari netizen atau warganet, terutama terkait dengan sistem layanan di Solo Safari.

Sebagian besar kritikan ini datang dari para pelancong, terutama yang pernah mampir di Restoran Makunde. Mereka menyebutkan, dua ekor singa yang kandangnya berada tepat di depan restoran jarang menampakan diri. Selain itu muncul keluhan lain, yakni tentang harga makanan di restoran tersebut yang dianggap terlalu mahal.

Menjawab kritikan tersebut Gibran menjelaskan, hewan singa tersebut belum terlalu lama dimasukan dalam kandang, sehingga butuh penyesuaian diri terhadap habitatnya yang masih baru. Jadi meski telah beberapa kali dicoba dikeluarkan, sering masuk ke sarangnya kembali.

Kemudian untuk urusan harga makanan atau minuman, putra sulung Presiden Jokowi ini berjanji siap melakukan revisi. Sebagaimana kabar yang beredar di lini-lini media sosial selama ini, untuk menikmati segelas es teh saja pengunjung harus membayar Rp18.000.

Demikian pula dengan harga tiket masuk, kemungkinan juga ada perubahan tapi yang bakal terjadi justru kenaikan. Meski demikian Gibran belum bersedia mengungkapkan  harga baru tersebut dengan alasan saat ini Solo Safari masih berada dalam masa soft opening. Selain itu kenaikan ini tidak akan diterapkan dalam waktu dekat.

Memiliki Banyak Atraksi

Di kesempatan yang berbeda General Manager Solo Safari, Shinta Aditya menyebut, saat ini objek wisata tersebut sudah menjadi destinasi baru di Kota Solo dan berhasil menarik banyak pelancong untuk berkunjung. Di kebun binatang ini pula wisatawan bisa menjumpai beragam satwa sekaligus menikmati aneka keseruan dan atraksi.

Mulai dari berinteraksi dengan satwa, mengasih makanan, nyanyi bersama siamang, hingga pembelajaran menarik lainnya tentang aneka jenis binatang langka. Semua ini memiliki nilai edukasi yang sangat tinggi.

Selanjutnya Shinta menjelaskan pula, Solo Safari buka setiap hari Senin sampai Jumat dari jam 08:30 hingga 16:30 WIB. Kemudian untuk hari Sabtu dan Minggu buka lebih awal, yakni pukul 08:00 WIB.