5 Masjid Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Bergaya ala Masjid Nabawi

52
Foto: Wikipedia

Soloevent.id – Sebagai negara dengan umat Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak masjid. Di antara masjid itu, terdapat masjid-masjid besar yang dapat menampung banyak jamaah sekaligus memiliki arsitektur megah dan menarik.

Apa saja masjid-masjid terbesar di Indonesia? Berikut ini versi Soloevent.

1. Masjid Istiqlal (DKI Jakarta)

Bisa dikata masjid ini merupakan masjid yang paling banyak dikenal masyarakat Indonesia. Berada di ibu kota Indonesia, Istiqlal bisa menampung hingga 200.000 orang.

Masjid ini memiliki keunikan yang jarang sekali ditemui, yaitu lokasinya berhadapan langsung dengan Gereja Kathedral Jakarta yang sama megahnya. Selain berfungsi sebagai tempat salat, masjid ini juga sering dijadikan sebagai tempat wisata religi. Tidak hanya untuk masyarakat umum, tapi juga untuk tamu-tamu kehormatan negara.

2. Masjid An-Nur (Riau)

Masjid ini sudah ada sejak tahun 1963, tetapi baru terealisasi pada tahun 1966 ketika Kaharudin Nasution menjadi Gubernur pada 19 Oktober 1968. Arsitektur masjid yang berlokasi di Pekanbaru ini memiliki kemiripan dengan Taj Mahal yang ada di India.

Desain arsitekturnya dirancang oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50×50 meter dan luas halaman 400×200 meter. Masjid ini bisa menampung sekitar 4.500 jamaah.

3. Masjid Raya Baiturahman (Aceh)

Masjid yang berlokasi di Banda Aceh ini merupakan kebanggaan masyarakat Aceh. Masjid ini merupakan saksi biksu peristiwa tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam. Saat itu, Masjid Raya Baiturahman banyak diperbincangkan orang karena bangunannya tetap berdiri kokoh meskipun diterjang gelombang Tsunami.

Pascabencana itu, masjid ini direnovasi oleh pemerintah setempat dengsn biaya sebesar Rp.20 milyar. Bangunannya yang bergaya Kesultanan Turki Utsmani dengan hiasan kolam air mancur membuat Masjid Raya Baiturahman menjadi incaran wisatawan yang datang ke Aceh.



4. Masjid Islamic Center (Samarinda, Kalimantan Timur)

Terletak di Kabupaten Teluk Lerong Ulu, Masjid Islamic Center ini tak hanya menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia, tetapi juga merupakan terbesar kedua di Asia Tenggara dan salah satu yang termegah di Indonesia.

Keunikan dari masjid ini adalah bangunannya yang menghadap langsung ke tepi Sungai Mahalam. Tidak heran apabila tempat ibadah ini digemari oleh wisatawan yang ingin berbibadah dan sekaligus melakukan wisata religi.

5. Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang)

Saat menginjakkan kaki di Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Kota Semarang, pikiran langsung melesat menuju Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Pasalnya, masjid yang dibangun tahun 2001 hingga 2006ini memiliki enam payung hidrolik raksasa. Payung tersebut bakalan dibuka ketika Salat Jumat, Salat Idul Fitri, dan Salat Idul Adha, asalkan kecepatan angin tidak melebihi 200 knot.

Masjid yang dapat menampung 15 ribu jamaah ini juga memiliki bangunan setinggi 99 meter yang disebut Menara Asmaul Husna. Dari ketinggiannya tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Atlas.