4 Hal Ini Bikin Kamu Paham Sama Musik Blues

0
1902
4 Hal Ini Bikin Kamu Paham Musik Blues

4 Hal Ini Bikin Kamu Paham Musik Blues

 

Musik blues memang sudah terkenal, namun, penikmatnya belum sebanyak aliran musik lain. Alasannya mungkin karena belum bisa membedakan bagaimana aliran musik yang satu ini dengan yang lain. Nah, beberapa hal dibawah ini akan mengulas sedikit tentang musik blues. Baca ya!

 

Blues udah berusia 100 tahun!

Yap, blues sendiri sebenarnya lahir sejak tahun 1910. Jadi ceritanya waktu itu masyarakat Afrika Barat yang tinggal di Amerika Serikat punya kebudayaan yang melahirkan musik-musik pujian berbau spiritual.

Konon, Blues itu punya arti melankolis atau kesedihan, jadi kalo beberapa kali dengar ada yang bilang “I’m feeling so blue” itu artinya dia lagi ‘ngerasa’ sedih.

Menurut seorang penulis dan ilmuan dari Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, bernama Sylviane Diouf, ia mengatakan bahwa musik blues punya relasi dengan muslim dari Afrika Barat. Dalam penelitiannya, Diouf memutar dua buah suara. Yang pertama adalah lantunan Adzan dan yang kedua adalah Lavee Camp Holler yaitu lagu blues lawas yang mucul dari Delta Mississippi. Kesimpulanya, ada banyak kesamaan antar dua suara itu, sehingga menurut Diouf ada pertalian yang cukup erat antara keduanya.

 

Terbagi jadi beberapa subgenre, bikin aliran blues makin kaya!

Menurut sejarah, musik blues itu lahir dan punya aliran beda-beda. Salah satu faktor yang bikin beda adalah tempatnya. Misalnya di daerah perkotaan, ada di daerah Delta Mississippi, dan ada banyak lagi. Nama-namanya juga unik. Misalnya Chicago Blues, Delta Blues, East Cost blues, dan Texas Blues.

Salah satu aliran  baru dari blues adalah electric blues yang mengabungkan musik dengan distorsi elektrik dengan intonasi nada blues. Ada juga lho aliran rock blues, yang tentu saja berasal dari perkawinan musik rock dan blues.

 

Apa sih ciri khas blues?

Ciri khas musik blues terletak pada gaya vocal penyanyinya yang selalu memakai teknik ‘sengau‘ menggunakan Melisma dan intonasi yang bergelombang. Bahasa kecenya sih, blues itu nada nya wavy gitu. Eh, Melisma itu apa sih? Melisma itu adalah menggunakan banyak nada dalam satu suku kata.

 

Musisi terkenalnya siapa ya?

Wah kalo ngomongin musisi blues pastinya banyak banget ya. Misalnya saja untuk aliran subgenre modern electric blues yang paling terkenal sampai sekarang, musisinya ada B.B King, Buddy Guy, John Lee Hocker, Koko Taylor, Dave Hole, dan Kenny Wayne Shepherd.

Kira-kira siapa musisi blues yang kamu suka?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here