3 Lagu Pendidikan Yang Penuh Makna

0
5254

Soloevent.id – Pendidikan buat anak sekolah enggak hanya didapatkan dari kelas maupun buku-buku pelajaran. Nilai-nilai pendidikan juga bisa diajarkan lewat musik. Nah, ini dia 3 lagu pendidikan yang penuh makna.

 

  1. “Himne Guru”

Kamu pasti sudah tidak asing dengan lagu ini. “Himne Guru” mengungkapkan tentang pengabdian guru. Karya Sartono ini dikemas dalam rangkaian nada yang mengharukan dan lirik puitis.

Lagu yang biasa dinyanyikan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional atau pelepasan murid ini mengajarkan siswa agar hormat kepada para guru atas ilmu pengetahuan dan nilai-nilai moral yang diajarkan.

Lirik “Himne Guru” sangat dalam. Saat siswa-siswinya menyanyikan lagu ini, beberapa guru ada yang meneteskan air mata. Ya, lagu ini dipersembahkan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka adalah sosok yang berjasa membangun generasi bangsa, tanpa memiliki lambang pangkat yang disematkan di pakaiannya. Pantaslah mereka disebut patriot bangsa. Terimakasih bapak/ibu guru.

 

  1. “Lagu Wajib Belajar”

Dibuat oleh Restu Narwan Sutarmas, lagu ini mengajak putra-putri bangsa agar lebih giat belajar dan bersekolah untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan. Dalam lirik bait ke tiga,”Lagu Wajib Belajar”, “Ayo kita giatkan wajib belajar. Jangan putus tengah jalan marilah tamatkan. Tanamkan ilmu sekarang. Petik hari depan. Cerdas trampil berwibawa penuh daya cipta”, Restu memberi wejangan kepada anak-anak Indonesia untuk terus belajar dan berusaha supaya menjadi generasi yang bisa mengharumkan negara.

 

  1. “Himne Siswa”

Di daftar akhir 3 Lagu Pendidikan yang Penuh Makna ada “Himne Siswa”. Di lagu ini, Husein Mutahar sebagai pencipta berpesan agar para siswa bisa menularkan ilmunya yang telah didapatkan kepada orang lain demi Bumi Pertiwi yang lebih baik. Selain itu, Husein juga mengajak siswa untuk memegang teguh ajaran agama, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dan menjaga keberagaman di Indonesia.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here