Tuesday, October 15, 2024
spot_img
HomeBisnisSebelum Pilih, Kenali Perbedaan Celana Jeans Model Stretch dan Non Stretch

Sebelum Pilih, Kenali Perbedaan Celana Jeans Model Stretch dan Non Stretch

Published on

spot_img
spot_img

Selain desain, kenyamanan juga perlu jadi bahan pertimbangan ketika ingin beli celana jeans baru. Demikian pula dengan modelnya, wajib mengetahui perbedaannya agar tak ada kesalahan dalam menentukan pilihan. Apalagi berdasarkan pengalaman selama ini, banyak yang kurang atau belum memahami perbedaan dari model-model tersebut terutama stretch dan non stretch.

1. Material Atau Bahan

Jeans stretch biasanya terbuat dari denim katun dengan campuran elastane sehingga gampang melar karena bersifat elastis. Untuk membuktikan, tarik kedua sisinya dan hasilnya akan mudah merenggang. Model ini sangat cocok untuk mereka yang dalam aktivitas kesehariannya sering bergerak dan bisa memilih yang ukurannya ketat.

Sedangkan celana jeans non stretch, pada umumnya menggunakan bahan denim yang sifatnya lebih kaku dan keras. Jadi hanya pantas digunakan untuk pria atau wanita yang jarang bergerak, tapi sebaiknya pilih yang agak longgar agar tetap merasa nyaman dan leluasa saat beraktivitas. Selain itu dari segi penampilan, tampak rapi.

2. Tingkat Keawetan

Celana jeans non stretch mempunyai tingkat keawetan yang lebih tinggi karena bahannya juga bermutu tinggi. Terlebih mengingat jeans stretch memakai campuran material yang elastis dan faktor inilah yang membuat celana tersebut mengalami perubahan ukuran.

Beda dengan jeans non stretch yang tidak memakai bahan elastis sehingga tidak cepat berubah ukurannya. Maka jangan heran pula jika pembuatan celana ini lebih kerap ditujukan pada kaum wanita sebab biasanya jarang bergerak. Meski demikian ada sebagian celana jeans non stretch untuk pria, hanya saja jumlahnya tidak sebanyak jeans streatch.

3. Tingkat Kenyamanan

Selain kaku dan keras, bahan untuk membuat celana jeans non stretch agak lebih tebal daripada jeans stretch. Hal ini membuat celana tersebut terasa agak panas saat dipakai bahkan tak sedikit yang mudah berkeringat. Berdasarkan kondisi tersebut, pilih jeans non stretch longgar seperti boyfriend jeans, mom jeans, atau hot pants.

Sedangkan untuk model stretch, bisa memilih desain apa saja sepanjang sesuai dengan ukuran atau bentuk tubuh termasuk yang ketat. Namun jika tidak tertarik menonjolkan lekukan tubuh terutama pinggul, pantat, paha, betis, dan kaki sebaiknya tetap memilih yang longgar.

4. Teknik Perawatan

Celana jeans stretch butuh perawatan yang lebih cermat karena punya kandungan bahan elastis. Apalagi jika bahan elastis tersebut berasal dari spandex yang sifatnya mudah melar dan rusak. Jika ingin membersihkan dengan mesin cuci, rendam lebih dulu dan pakai putaran sedang.

Untuk jeans non stretch, gampang merawatnya karena sifatnya yang tebal dan kuat. Tetapi saat mencuci dengan mesin juga harus diawali dengan perendaman agar kotoran yang menempel di serat kain dapat gampang terlepas dan gunakan putaran tinggi.

Selanjutnya apabila ingin menambah koleksi celana jeans baru, dapat berkunjung ke Rominsy Jeans di Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartosuro. Pilihannya sangat banyak dengan model dan gaya kekinian.

Artikel Populer

Artikel Terbaru

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Upacara Pembukaan Peparnas 2024 Berlangsung Meriah di Stadion Manahan Solo

Soloevent.id - Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 berlangsung meriah di Stadion Manahan Solo, Minggu...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

More like this

Mengenal Asal Usul Kampung Sondakan Lewat Festival SondakArt

Soloevent.id - Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan Solo, menggelar Festival SondakArt selama empat hari mulai...

Rasamadu Heritage Hadirkan ‘Cubic’ Pengalaman Imersif Interaktif Pertama di Solo

Soloevent.id - Rasamadu Heritage atau yang sebelumnya bernama The Heritage Palace, dulunya adalah pabrik...

Agar Tetap Sehat dan Aman Dikonsumsi, Inilah Durasi Paling Tepat Menyimpan Roti

Soloevent.id - Roti merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan utama dari tepung...