23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Parade Mobil Hias HUT Dekranas Ke-44 Pecahkan Rekor MURI

Soloevent.id Parade Mobil Hias Hari Ulang Tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) digelar di Kota Solo, Rabu (15/5/2024).

Kota Solo terpilih menjadi tuan rumah dalam event besar ini. Ada serangkaian acara yang telah digelar dengan meriah mulai tanggal 15-18 Mei 2024. Seperti, Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Dekranas 2024, Peragaan Busana Kain Nusantara, Expo Produk Binaan UMKM Dekranas Seluruh Indonesia, Konser Musik dan City Tour.

 

Salah satu acara yaitu parade mobil Hias telah digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Ada sekitar 104 kendaraan hias dan 1.250 peserta dari berbagai daerah baik dari Dekranas maupun PKK se-Indonesia.

Berbagai peserta mobil hias menampilkan kerajinan dan budaya khas daerah masing-masing. Masing-masing peserta menampilkan kreasi mobil hias didepan panggung utama Gatsu-Ngarsopuro. Seperti peserta dari Papua menampilkan tarian adatnya, Kalimantan dengan pakaian adat dan kerajinannya, Kota Solo menampilkan tim rombongan kader ibu-ibu TP PKK Kota Surakarta Mangayubagyo dan masih banyak yang lainnya.

Dalam acara ini turut hadir pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Solo Selvi Ananda dan Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian di panggung utama.

Selain itu, acara parade mobil hias ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori parade mobil hias terpanjang yang didapatkan oleh Dekranas dan Kota Solo sebagai penyelenggara.

Event HUT Dekranas 2024 mengusung tema Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa yang diusung dari dampak Covid-19 bagi para perajin Indonesia. Dengan tema ini bisa membantu meningkatkan ekonomi dan khususnya dari sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia. Melalui program-program ini juga, Dekranas bisa ikut andil membantu para perajin untuk melestarikan budaya Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
21,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles