23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Kemeriahan Hari Pertama Semarak Budaya Indonesia 2024, 11 Sanggar Tampil Menawan

Soloevent.id Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2024 hadir sebagai wujud ikhtiar merajut jaringan sanggar-sanggar seni di Indonesia sekaligus membangun ruang apresiasi dan aktualisasi diri bagi generasi seni yang ada di dalamnya. Dengan tema “Gelar Imaji Nusantara”, SBI 2024 berharap bahwa karya para seniman Indonesia dapat diapresiasi dan bentuk pengenalan kesenian, terutama seni tari pada masyarakat.

Diselenggarakan oleh Pemuda Indonesia Kreatif dan Semarak Candrakirana Art Center. Acara juga didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Festival seni tari ini dapat disaksikan oleh masyarakat umum secara gratis dan akan disiarkan ulang melalui kanal YouTube Semarak Budaya Indonesia.

Dalam sambutannya Walikota Surakarta yang diwakili Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta, Tuti Orbawati mengatakan, “Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras serta mengupayakan Kota Surakarta menjadi rumah besar untuk sanggar seni di Indonesia. Dimana dengan adanya festival ini dapat merajut sanggar-sanggar seni di Surakarta dan daerah lain. Merupakan kebanggaan yang sangat besar bagi Kota Surakarta apabila hal tersebut dapat terwujud. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Kota Surakarta ikut mensukseskan gelaran Festival Semarak Budaya Indonesia tahun 2024 ini dengan turut mempromosikan pada akun media sosial sehingga acara ini akan semakin meriah dan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Surakarta,” jelasnya saat membuka acara, Jumat (10/5/2024) di Halaman Balaikota Surakarta.

Malam itu ada 11 sanggar memeriahkan acara diantaranya Semarak Candrakirana Art Center – Solo, Tydif Studio – Surabaya, Sanggar Kirana Budaya – Jakarta, Sanggar Seni Dharma Budaya – Pasuruan, Ariani Ballet School – Solo, Loka Art Studio – Yogyakarta, Sanggar Tari Segah Batuah Tewah – Kalimantan Tengah, Kembang Batavia Lenong Denes – Jakarta, Timeless Dance Center – Solo, Sanggar Seni Pradnya x Manakala – Pacitan, dan Sanggar Ruas – Riau.

Salah satu sanggar dari Tydif Studio Surabaya menampilkan tarian kota Surabaya. Sanggar tari ini berkolaborasi dengan Sanggar Seni Dharma Budaya Pasuruan. Mereka tampil menawan dengan diiringi musik video di layar yang menggambarkan suasana Kota Surabaya dan Jembatan Suramadu. Penampilan mereka seakan-akan mengajak para penonton untuk ikut merasakan nuanasa Kota Surabaya di malam hari melalui pertunjukan tari.

Sementara, Sanggar Kirana Budaya Jakarta menamilkan tarian Kepak Elang Bondol. Para penari menampilkan tarian dengan indah ditambah iringan musik khas Betawi yang membuat penampilan menjadi lebih menghibur.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
21,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles