Tuesday, July 23, 2024
HomeWhat's On SoloNaik KA Bandara, Solo Balapan-Adi Soemarmo Cuma 19 Menit

Naik KA Bandara, Solo Balapan-Adi Soemarmo Cuma 19 Menit

Soloevent.id – Akses menuju Kota Solo semakin dipermudah dengan mulai beroperasinya Kereta Api (KA) Bandara International Adi Soemarmo (BIAS). Buat wisatawan yang kepingin nonton event, jajan kuliner khas Solo, atau jalan-jalan ke tempat bersejarah sepertinya bakalan dimanjakan dengan moda trasportasi baru ini.

Dioperasikan pada 30 Desember 2019, kereta yang mampu memuat 200-an penumpang ini menghubungkan Bandara International Adi Soemarmo di Boyolali dengan Stasiun Solo Balapan. Kata Manajer Humas Daerah Operasional VI Yogyakarta Eko Budiyanto, penumpang juga makin dimudahkan karena peron KA Bandara terkoneksi dengan Terminal Bus Tirtonadi via Sky Bridge.

Saat ini, KA Bandara sedang dalam masa uji coba hingga akhir Februari 2020. Selama masa itu, tiket digratiskan. Sejak pertama kali beroperasi, peminatnya banyak banget. Nah, supaya penumpang mendapatkan tiket keberangkatan yang diinginkan, Eko memberikan tips. “Tiket kan didapatkan secara langsung di loket Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Adi Soemarmo, dan karena animo masyarakat sedang tinggi, ya kalau bisa datang lebih awal,” tuturnya saat dihubungi Soloevent.

Titik keberangkatan hingga tujuan ditempuh selama 19-20 menit. Eko meyakini KA Bandara dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Solo dan sekitarnya.

Kepala Stasiun Adi Soemarmo Boyolali Helly Indrayanto mengatakan KA Bandara melayani 12-15 trip keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan dan juga sebaliknya. Sebelumnya, kereta ini berjalan 60 trip pulang-pergi, tapi karena masih dalam masa uji coba, jumlah perjalanan dikurangi menjadi 30 selama periode 2-31 Januari 2020.

Di masa uji coba ini, peminat KA Bandara sangat tinggi dan bahkan tiket selalu ludes. Lalu bagaimana dengan hak prioritas pemegang tiket maskapai penerbangan? Helly mengatakan bahwa pihaknya akan memperlakukan semua penumpang sama.“Selama ini kan masih gratis ya jadi peminatnya masih banyak,” ungkapnya.

Sesudah masa uji coba ini, baik Eko maupun Helly belum bisa memberikan keterangan pasti terkait harga tiket.

Soloevent sempat menemui salah satu penumpang KA Bandara. Perempuan bernama Nia ini mengaku baru pertama kali mencoba kereta ini. “Keretanya sejuk dan tempatnya nyaman,” ujarnya.



KA Bandara diresmikan pada tanggal 29 Desember 2019 oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kereta ini mengoperasikan empat rangkaian. Fasilitas yang didapat penumpang antara lain AC, charging port, toilet, dan layar tv yang menayangkan video-video objek wisata di Indonesia. Kereta ini dikelola penuh oleh PT Angkasa Pura I (Persero) sedangkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) berperan dalam fungsi operasional.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments