Minarets Coffee: Menyeruput Kopi di Kastil Abad 18

0
161

Soloevent.id – Ingin menyeruput secangkir kopi di tempat yang bersuasana klasik ala abad 18? Kamu bisa mampir ke Minarets Coffee. Di tangan sang pemilik, Irsyad Hanafi, kafe tersebut disulap menjadi tempat ngopi yang seru nan klasik.

Buat para penikmat kopi, mencicipi espresso yang dibikin dari mesin canggih mungkin adalah hal biasa, Namun, di Minarets Coffee, kopi diracik menggunakan mesin klasik.

Minarets Coffee khusus menyajikan kopi Gayo. Biji kopi pilihan dipilih langsung oleh Irsyad sehingga kualitas pun terjaga. Proses pengolahan kopi masih dilakukan secara manual dengan menggunakan mesin kopi klasik tanpa listrik era kolonial, contohnya Erzade Espresso Machine dan Our Very Old Coffee Grinding Machine.

Suasana masa lampau juga didukung dengan arsitektur dan penataan interior. Dari luar, Minarets Coffee kelihatan seperti kastil kuno Eropa. Bangunannya ada tiga lantai. Lantai paling atas terdapat menara yang bisa dijadikan tempat melihat matahari tenggelam.

Lantai pertama dan kedua dijadikan tempat nongkrong. Dua lantai itu dihiasi benda-benda serba kuno, seperti mesin jahit, mesin ketik, mesin pabrik, batu akik asli, dan lainnya. Custom table-nya merupakan perpaduan kayu dengan besi.

Menurut Irsyad semua barang tersebut didapatkan secara tidak sengaja ketika sedang melakukan sebuah perjalanan luar kota. “Sense saya akan barang kuno peninggalan kolonial ini langsung muncul begitu saja dan ini sesuai dengan konsep coffe shop saya”, tutur pria berkacamata itu saat ditemui Soloevent, Selasa (7/8/2018).

Irsyad Hanafi merupakan seorang arsitektur – sekaligus pencinta kopi dan kolektor barang-barang lawas – yang sangat menyukai menara atau kastil. Makanya, coffee shop-nya dinamakan “minaret” yang dalam bahasa Inggris berarti menara. Minarets Coffee dibuka 6 bulan lalu.

Menu andalan kafe ini adalah tiga varian pure coffee: filter, espresso, dan Turkish. Kopi disajikan dengan tiga teknik, yakni diperas, disaring, dan diseduh. Pengunjung diberi kebebasan ingin menikmati kopi dengan teknik apa.

Buat yang enggak doyan kopi, Minarets juga menyediakan teh dan hot chocolate. Untuk makanannya, Minarets punya nasi goreng, bakmi goreng, singkong goreng, tahu goreng, dan kentang goreng. Menu-menu itu diolah menggunakan bahan alami nan segar. Harga makanan dan minuman berkisar Rp20.000,00-Rp50.000,00.



Minarets Classic Coffee berlokasi di Mranggen, Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, kurang lebih sekitar 30 menit dari pusat kota Solo. Karena tempatnya yang unik, kafe ini kerap digunakan sebagai venue event fotografi. Minarets juga kerap digunakan sebagai tempat kumpul komunitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here