Lezatnya Nasi Goreng : Menu Klasik Terpopuler Sepanjang Masa

1161

Ketika kita masuk ke dalam rumah makan dan kita bingung harus memesan menu apa, biasanya yang paling aman kita akan pesan nasi goreng. Ada beberapa macam menu nasi goreng yang bahkan bisa kita coba untuk membuatnya di rumah. Diantaranya adalah :

Nasi Goreng Original

Nasi goreng dengan bumbu dasar sambal yang dihaluskan terdiri dari cabe merah besar, sedikit cabe rawit, bawang putih, dan bawang merah, kemudian  digongso.

Nasi Goreng Iris

Nasi goreng iris ini lebih sederhana cara membuatnya, karena semua bumbunya diris-iris halus lalu ditumis. Setelah nasi dimasukkan baru diberi sedikit merica bubuk dan minyak samin atau zaitun jika ada.

Nasi Goreng Kunir

Nasi goreng ini tampilannya lebih cantik bersinar karena ada tambahan kunir pada bumbu dasar nasi goreng. Kunir diulek/dihaluskan bersama cabe, bawang putih dan bawang merah.  Nasi goreng ini lebih sehat karena kunir memiliki unsur antibiotik juga terutama menetralisir sakit perut.

Nasi Goreng Pete

Bagi orang yang suka pete, nasi goreng pete ini adalah salah satu menu yang wajib dicoba. Tambahan pete goreng pada bumbu nasi goreng yang digongso menambah sedap dan menimbulkan selera makan yang lebih tinggi.

Nasi Goreng Teri

Ikan teri jawa atau medan yang telah digoreng  ditambahkan pada bumbu nasi goreng akan menambah rasa sedap masakan. Selain menambah sedap rasa dan aroma nasi goreng kandungan protein pada ikan teri juga bagus untuk kesehatan.

Nasi Goreng Ikan Salem

Ikan salem, semacam ikan tongkol tetapi mengkilat dan mudah didapat di pasar dengan harga murah bisa menambah rasa berbeda pada nasi goreng. Caranya ikan salem digoreng terlebih dahulu baru dagingnya disuwir dan tambahkan pada nasi goreng yang sedang dimasak dengan bumbu.

Nasi Goreng Udang

Udang yang digoreng lalu dicampur dengan bumbu nasi goreng akan menambah kelezatan tersendiri pada rasa nasi goreng. Selain untuk bumbu udang juga bisa digoreng untuk lauk dan toping.

Nasi Goreng Kambing

Biasanya kita memesan menu ini di warung sate kambing. Tetapi ada juga rumah makan biasa yang menjualnya. Nasi goreng kambing biasanya bumbunya lebih dominan merica, dibandingkan cabai. Daging kambing yang sudah matang dari gulai diambil untuk pelengkap, atau dari daging segar untuk sate.

Nasi Goreng Nasi Liwet

Yang membedakan hanya nasinya sebagai bahan nasi goreng dari nasi liwet yang gurih.

Di Solo banyak pilihan nasi goreng yang bisa kita jumpai, ada nasi goreng Pak Petruk depan Novotel, Nasi goreng Sidomulyo Kabangan dekat hotel Rumahku, Nasi Goreng Ramelan dekat Monumen Pers dan di warung bakmi jawa seperti Bu Cipto.