Grand Final eSport ‘Lokapala’ Digelar di Solo Grand Mall

72

Soloevent.id – Pertandingan Grand Final cabang olahraga eSport Piala Gurbernur: Ksatriya Pilih Tanding Chapter Jawa Tengah 2022 untuk gim buatan anak bangsa ‘Lokapala’ digelar di Atrium Solo Grand Mall pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Grand Final ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, mengingat bahwa gim Lokapala ini juga merupakan gim esports pertama dari Indonesia yang terinspirasi dari budaya daerah untuk memperkenalkan pahlawan sejarah. Lokapala: Saga of the Six Realms sendiri merupakan sebuah game 5v5 Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dikembangkan oleh Antarupa Studios ini dapat diunduh melalui aplikasi Google Play Store.

Dalam Grand Final kali ini, rangkaian acara dihadiri oleh jajaran tamu undangan di antaranya Kadis Kominfo PemerintahKota Surakarta Riena Ratnaningrum, Kadispora Surakarta Drs. Joni Hari Sumatri, RM Andre Adriano Soeryokoesoemo mewakili KGPAA Mangkunagoro X, Kertapradana Subagus selaku BD & Strategic Partnership Director Grab Indonesia, Ivan Chen selaku CEO Antarupa Studios Developer gim Lokapala dan Aris Sudewo Wirjoatmodjo selaku CEO Melon Indonesia. Sebelum acara Grand Final eSport dimulai, acara dimeriahkan pula dengan talkshow dengan tema Pelestarian Budaya di era Digital dan Empowering local Economy & Education in Digital Era.

 

Terdapat 4 team Ksatriya yang memperebutkan gelar juara serta total grand prize senilai Rp. 50.000.000 di antaranya Lightowl, UMUS Esports, Pulgantory dan Lokapala Hiro. Pertandingan dibagi dua sesi, dimana sesi penyisihan Bronze Match mempertemukan tim Lokapala Hiro vs. UMUS Esports, kemudian sesi terakhir dilanjutkan dengan Final Match oleh tim Pulgantory vs. Lightowl.

 

Aris Sudewo selaku CEO Melon Indonesia berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai program literasi sejarah dan budaya melalui gim eSports Indonesia yang mengangkat kekayaan budaya Nusantara, namun sekaligus mempromosikan budaya bermain yang sehat bagi pembentukan karakter anak bangsa, serta mendorong kolaborasi lintas sektor agar industri kreatif Indonesia semakin maju. “Melon Indonesia berharap melalui turnamen Lokapala ini semakin meningkatkan ekosistem gim lokal di Tanah Air dan juga sekaligus mengangkat kekayaan budaya Nusantara”, ujarnya.

 

Selain itu, General Manager Solo Grand Mall, Bambang Sunarno selaku perwakilan dari tuan rumah penyelenggaraan Piala Gurbernur: Ksatriya Pilih Tanding Chapter Jawa Tengah 2022 menyatakan bahwa Solo Grand Mall sangat membuka pintu untuk penyelenggaraan event serupa yang dapat mendukung pengembangan budaya permainan eSport di Indonesia. “Sebelumnya Solo Grand Mall juga sudah pernah beberapa kali menyelenggarakan pertandingan eSport seperti ini, dan kali ini kami sangat senang bahwa Grand Final Piala Gurbernur untuk game Lokapala juga digelar di mall kami. Kami sangat mendukung pengembangan cabang olahraga eSport dan berharap bahwa akan semakin banyak pertandingan eSport yang mampu mewadahi hobi dan bakat masyarakat terhadap kemajuan teknologi permainan online”.