Rock in Solo Bangun Lagi, Setelah Enam Tahun ‘Tertidur’

99

Soloevent.id – Sejumlah grup musik cadas dari Indonesia dan luar negeri akan naik panggung dalam ajang Rock In Solo Open Air. Perhelatan ini akan digelar pada Minggu, 30 Oktober 2022 mendatang di Benteng Vastenburg. Butuh persiapan yang sangat panjang dan penuh tantangan sebelum gelaran musik rock ini diadakan, usai tertidur dan vakum selama enam tahun sejak 2015.

Hal ini diungkap oleh Dewan Jenderal Rock In Solo Stephanus Setiadji saat bertemu jurnalis dalam acara jumpa pers beberapa hari lalu di Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari. Dalam keterangannya yang disampaikan melalui Solopos, Adji mengaku pernah berpikir tidak akan menggelar atraksi tersebut usai pertunjukan terakhir tahun 2015.

Tetapi setelah Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menghubungi dan minta agar gelaran musik rock tersebut digelar lagi, Adji langsung menyanggupi permintaan tersebut. Selanjutnya dia menyiapkan agenda ini sejak sekitar dua tahun lalu.

Pertunjukan Pemanasan

Sebagai pemanasan, pada 18 Desember 2021 digelar atraksi bertajuk Apokaliptika: A Journey of Rock In Solo. Dalam gelaran ini hadir grup cadas Down For Life dan beberapa grup etnik lokal seperti penari Luluk Ari, pesinden Whawin Laura, penyanyi keroncong Endah Laras, dan gemelan Gondrong Gunarto.

Selanjutnya akan digelar pula pertunjukan lain bertajuk A Journey of Rock in Sale: Chapter sebagai atraksi awal atau kickstart-show sebelum gelaran utama berlangsung. Ajang yang juga merupakan pemanasan ini akan diadakan di seluruh kabupaten yang ada di Soloraya dan melibatkan grup musik nasional dan masing-masing daerah.

Menurut rilis dari beritabaik.id, acara ini sudah diawali dari Kabupaten Boyolali pada 18 September 2022, kemudian dilanjutkan ke Wonogiri pada 25 September 2022 dan Sragen pada 2 Oktober 2022.

Berikutnya Sukoharjo 9 Oktober 2022, lalu Klaten 16 Oktober 2022, dan berakhir di Karanganyar 23 Oktober 2022. Selain itu ada beberapa acara pendukung mulai dari Rockparade, Rocinalle, Rockon, Rockscreen, dan Rockmarket. Even ini akan terus berlangsung hingga acara puncak.

Gelaran Puncak

Dalam acara puncak di Benteng Vastenburg, grup cadas asal mancanegara yang oleh panitia dipastikan ikut tampil yaitu Suffocation, Deatcore, dan Fit for an Autopsy dari Amerika Serikat. Semua grup aliran death metal tersebut menyatakan telah siap untuk memberi hiburan terbagi bagi para metalhead Solo dan Indonesia.

Sedangkan grup dalam negeri yang juga akan memeriahkan acara tersebut antara lain Serigala Malam, Navicula, Iron Voltage, Extreme Decay, dan Roxx; Beside. Selain itu masih ada Down For Life yang merupakan wakil tuan rumah Solo, Fraud, Despire, Paranoid, Pure Wrath, MTAD, dan MCPR.

Untuk menikmati pertunjukan istimewa dan spektakuler ini, penonton harus membeli tiket lebih dahulu secara online melalui situs loket.com. Adapun harganya, Rp172.500 per lembar dan setiap tiket berlaku untuk satu orang.