Elizabeth Sudira Cuma Butuh Empat Menit Ciptakan “Rindu Solo”

0
136

Soloevent.id – “Tak ada tempat seindah rumah. Tidak ada tempat sebaik Solo,” ucap Elizabeth Sudira.

Kalimat itulah yang melatarbelakangi Eliz (sapaan Elizabeth Sudira) menulis lagu “Rindu Solo”. Ke mana pun kakinya melangkah, entah ke kota atau negara lain, ia selalu ingat Solo.

Sebagai bukti cinta terhadap kota yang membesarkannya, Eliz membikin lagu tersebut. “Saya menuangkannya ke dalam kata-kata hanya dalam empat menit. Saya langsung rekam pakai voice note. [kata-kata] itu muncul dalam pikiran secara langsung,” kata Eliz dalam jumpa pers di Museum Keris, Kamis (6/2/2019).

Eliz bersama teman-teman band-nya, The Rangers, pertama kali memperdengarkan “Rindu Solo” di Solo City Jazz 2018, Oktober lalu. Beberapa hari sebelum manggung, mereka berlatih di studio. Salah satu lagu yang dimatangkan adalah “Rindu Solo”.

Tanpa disengaja, Tommy Widodo, seorang produser dan penata musik, sedang berada di ruang monitor studio itu. Begitu pertama kali mendengar lagu tersebut, ia langsung jatuh hati. Kepada Eliz, Tommy bilang ingin mengaransemen “Rindu Solo”. “Saya sudah kebayang banget lagunya. Itu sangat menyentuh saya. Saya ingin bikin yang lebih pop dan easy listening,” tuturnya. Keesokan paginya, mereka langsung rekaman.



“Rindu Solo” punya dua versi, yaitu akustik dan full instrumen. Yang saat ini beredar adalah versi akustik. Diunggah di YouTube, video lirik yang digarap oleh Andrenuno itu ­– sampai berita ini ditulis – telah ditonton 90.299 kali.

Banyak netizen yang memberikan komentar positif tentang lagu maupun berbagi memori mengenai Kota Solo. “Lagunya simple, nadanya sederhana. Liriknya mewakili semua yang jatuh hati dengan Solo. Makanan, suasana, masyarakat, dan orang terkasih yang tinggal di Solo. Terima kasih sudah membuat lagu ini, Mbak,” tulis Advent Christ. “Apa cuma saya di sini yang dengerinnya sambil merinding senyum-senyum sendiri lalu tanpa sadar air mata netes rindu Solo,” ketik Nugrahaning Widiastuti.

Sabtu (9/2/2019), Elizabeth Sudira bakal merilis “Rindu Solo” versi instrumen lengkap beserta video klipnya. Acara akan digelar di Balai Kota Solo jam 19.30 WIB. “Saya kepingin lagu ini dirayakan bersama-sama oleh warga Solo,” kata Eliz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here