Di Hari Batik Nasional, Ada Kain Batik yang Dibuat Selama Setahun

1006

Soloevent.id – Banyak kegiatan yang digelar dalam perayaan satu dasawarsa Hari Batik Nasional Puro Mangkunegaran, Solo, Rabu (2/10/2019). Di antaranya adalah pasar batik yang menyuguhkan beragam outlet batik dari berbagai daerah.

Salah satunya adalah Hanny Batik yang menjual batik lukis dengan motif penuh filosofi. Pemilik Hanny Batik Handiyani menjelaskan kain batiknya dibikin dari bahan alami. Salah satunya adalah batik Tambal Pamiluto yang diyakini siapa pun yang menggunakannya dapat sembuh dari penyakit. Kain batik ini dibuat oleh seorang wanita tua berusia 80 tahun dan proses pembuatannya memakan waktu 1 tahun 4 bulan.

Danar Hadi juga membuka stan di perayaan Hari Batik Nasional. Toko batik terkenal itu menjual produk-produk unggulannya, baik kain maupun pakaian jadi. Yang menjadi unggulan adalah batik tulis. Motif parang salah satunya, yang melambangkan kewibawaan dalam kepemimpinan.

Dalam perayaan Hari Batik Nasional 2019 ini, Yayasan Batik Indonesia memberikan apresiasi terhadap pelaku industri seni batik berupa penghargaan, sertifikat, pemberian pembiayaan kepada pelaku industri batik, dan pemberian lisensi untuk para pembatik. Yang memperolehnya di antaranya SMP Stella Duce 1 Yogyakarta sebagai sekolah pelopor penggunaan batik selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Penghargaan diberikan oleh Presiden Joko Widodo.



Yayasan Batik Indonesia sebagai penyelanggara juga menyerahkan dua buku kepada Presiden Joko Widodo, berjudul Batik Indonesia dan Napak Tilas 10 Tahun Pengakuan UNESCO untuk Batik Indonesia.