APRESIASI MUSIK KEBANGSAAN 2015 BANGKITKAN NASIONALISME

 

BANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME LEWAT APRESIASI MUSIK KEBANGSAAN 2015

Satu hari usai perayaan HUT ke-70 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Solo menggelar sebuah acara musik bertajuk “Apresiasi Musik Kebangsaan 2015” untuk membangkitkan rasa dan semangat nasionalisme dikalangan muda-mudi, Selasa (18/8/2015). Selain pertunjukan musik, event yang diadakan di halaman Balai Kota Solo ini menampilkan pula aksi teatrikal dan tari yang dibawakan muda-mudi Kota Bengawan.

Beragam tembang daerah, nasional, maupun lagu-lagu dari penyanyi-penyanyi terkenal Indonesia, dikemas ulang dengan balutan orkestra yang dimainkan oleh Harmonia Orchestra. Tampil sebagai conductor adalah Mursyid Hananto.

Pentas malam itu dibuka oleh penampilan St. Yosef Choir. Mengenakan pakaian serba batik, paduan suara SMA Pangudi Luhur Solo itu menyanyikan dua lagu “Waktu Potong Padi” dan “Kita Bisa”.

Perwakilan SMA Pangudi Luhur kembali unjuk kebolehan. Adalah Okta, seorang siswi yang membacakan puisi berjudul “Di Balik Seruan Pahlawan”. Puisi yang menceritakan kegigihan seorang pejuang kemerdekaan itu, dibawakannya secara berapi-api dengan semangat nasionalisme.

Diiringi lantunan tembang nasional secara samar-samar, Okta memekikkan kalimat-kalimat perjuangan. “Serbu! Merdeka atau mati! Kau teriakkan seruan kemerdekaan untuk negeri,” ucapnya dengan lantang.

Semangat nasionalisme  terus digulirkan dalam repertoar malam itu. Tak hanya remaja-dewasa, para bocah pun mendapat kesempatan untuk menunjukkan kecintaannya kepada Indonesia, lewat lagu. Tampil setelah Okta adalah murid-murid kelas II SD Al Azhar Syifa Budi, Solo.

Memakai kostum berwarna merah dan putih, aksi 20-an bocah ini menarik perhatian penonton. Lagu “Bendera”, ditampilkan dengan koreografi yang penuh sukacita. Mereka menggelengkan kepala, menepuk paha, dan mengepalkan tangan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Eny Tyazni Suzana, acara Apresiasi Musik Kebangsaan 2015 diharapkan dapat menumbuhkan rasa dan semangat nasionalisme, terutama bagi generasi muda. “Sehingga para pemuda-pemudi nantinya dapat berkontribusi terhadap pembangunan negeri,” jelasnya saat ditemui Soloevent, usai acara.

Terkait

EVENT TAHUNAN INOVATIF KREASSO BALEKAMBANG, SOLOEVENT.CO.ID - Kreatif Anak Sekolah Solo atau biasa disebut KREASSO, adalah acara tahunan yang digagas oleh Pemerintah Kota Suraka...
INDAHNYA MENJADI IBU Bagi para wanita yang sudah memiliki anak ataupun anda pasangan muda yang baru menikah, jangan sampai lewatkan acara ini. Acara bertajuk Gathering...
MOECHI IDOL CARNIVAL Idol group akhir-akhir ini menjadi trending topic di kalangan anak muda. Sekumpulan remaja bernyanyi, berdansa menampilkan kebolehan mereka di ata...
PRE-EVENT SBF EDISI 2 Jumat malam (2/5) parkiran VIP Solo Grand Mall mendadak riuh akan hentakan musik rock. Rupanya tempat ini tengah digunakan para musisi blues dan r...
KONSER AMAL UNITY IN HARMONY Konser amal bertajuk UNITY IN HARMONY akan menampilkan artis-artis lokal dan sekitarnya, diantaranya adalah Pecas Ndahe, Unromantic, dan Bakecho. ...