Agenda Lengkap Perayaan Imlek di Kota Solo

390

Soloevent.id – Perayaan Tahun Baru Imlek 2570/2019 akan digelar di Kota Solo sebentar lagi. “Persatuan dalam Keberagaman” dipilih sebagai tema tahun ini. Menurut Ketua Panitia Bersama Solo Imlek 2570/2019 Sumartono Hadinoto, tema itu dipilih untuk menunjukkan bahwa perayaan Imlek bukan hanya milik warga Thionghoa saja, tetapi sudah diperluas dengan mengajak semua komunitas.

“Imlek sudah menjadi milik masyarakat Solo. Event ini berdampak ekonomis dan menjadi branding sekaligus dapat mendatangkan wisatawan ke Solo. Ini menjadi bukti bahwa Solo adalah kota majemuk dan mencerminkan kebhinekaan,” jelasnya dalam jumpa pers di Gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta, Sabtu (19/1/2019).

Banyak acara sudah disiapkan buat memeriahkan Imlek di Solo. Apa saja acaranya? Simak jadwal di bawah ini, ya.



Penyalaan lampion

Tanggal: 28 Januari – 28 Februari

Lampion Pasar Gede adalah salah satu daya tarik perayaan Imlek di Solo. Kali ini, 5.000 lampion bakalan menghiasi kawasan Balai Kota hingga Pasar Gede. Selain itu, panitia juga memasang gapura Imlek, lampion 12 shio, neon box 12 shio, lampion shio babi, lampion Dewa Rezeki, dan lampion Punakawan.

 

Donor darah

Tanggal: 26 Januari

Mau berbagi dengan sesama? Kamu bisa ikutan Aksi Donor Darah di Solo Paragon Mall mulai pukul 10.00 WIB. Acara ini bekerja sama dengan PMI Kota Solo.

 

Lomba jurnalistik Imlek dan Lomba foto hobbies Imlek

Tanggal: pengumpulan materi paling lambat 28 Februari

Buat kamu yang suka hunting foto, bisa ikutan lomba ini. Materi fotonya harus berkaitan dengan event Imlek di Solo, ya. Karya fotomu di-upload di Instagram dan wajib mencantumkan hashtag #SoloImlek2019.

 

Karnaval Grebeg Sudiro

Tanggal: 3 Februari

Salah satu event yang memeriahkan Imlek di Solo adalah Grebeg Sudiro. Salah satu sub acaranya yaitu Karnaval Budaya Grebeg Sudiro.

Sehabis karnaval jangan langsung pulang, ya. Soalnya di akhir acara kamu bisa ikut rebutan kue keranjang. Karnaval ini dimulai pukul 14.00 WIB dari Pasar Gede.

 

Imlek Festival

Tanggal: 1-24 Februari

Selain diselenggarakan di Balai Kota dan kawasan Pasar Gede, ada juga event yang diadakan di The Park Mall Solo Baru.

 

Lomba karaoke Mandarin

Tanggal: 9 Februari

Bisa nyanyi lagu Mandarin? Daripada bakatmu cuma mandek di kamar mandi, kamu bisa ikutan Lomba Karaoke Mandarin di The Park Mall. Acara ini dimulai pukul 12.00 WIB.

 

Kirab barongsai dan liong

Tanggal: 19 Februari

Di perayaan Cap Go Meh, kamu bisa nonton atraksi barongsai dan liong di beberapa daerah di Kota Solo. Barongsai dan liong juga akan mengambil angpau yang telah dipersiapkan pemilik rumah atau pertokoan. Acara ini bisa kamu tonton mulai jam 10.00 WIB.

 

Solo Imlek Fair

Tanggal: 20-23 Februari

Acara ini akan diselenggarakan di Balai Kota Solo. Di event ini, kamu bisa jajan kuliner dan aneka handicraft. Lalu ada juga batik fashion show, panggung hiburan, musik performance, atraksi barongsai, shufa (seni kaligrafi aksara Cina), fortune teller, street magician, dan banyak lagi.

 

Pembukaan Solo Imlek Festival 2019

Tanggal: 20 Februari

Digelar pukul 18.00 WIB, rencananya acara ini bakalan dibuka oleh Wali Kota Solo.

 

Perayaan Imlek Bersama

Tanggal: 22 Februari

Pemerintah Kota Solo akan ikut merayakan Tahun Baru Imlek bersama masyarakat Tionghoa di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo.

 

Nah itu tadi agenda perayaan Imlek di Solo. Kamu mau datang ke acara yang mana?