KONSER PEMANASAN VOCA ERUDITA AKU CINTA INDONESIA

KONSER-PEMANASAN-VOCA-ERUDITA-AKU-CINTA-INDONESIA_post

Grup vokal kebanggaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita, pada Jumat (26/9/2014) menggelar konser bertajuk Konser Voca Erudita Aku Cinta Indonesia (Konveraci) Jilid 2, bertempat di Pendhapi Gedhe Balaikota Solo. Pentas tersebut diselenggarakan sebagai ajang pemanasan, sebelum perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berdiri pada 17 Desember 1987 ini, berlaga di Busan Choral Festival & Competition 2014, Oktober mendatang.

Sebelum tim utama naik panggung, aroma nasionalisme dituangkan dalam video Proklamasi, yang tercuplik dalam dua screen di kanan-kiri panggung. Samar-samar terdengar pula “Tanah Airku” ciptaan Ibu Sud, dalam karya audio visual itu. Lewat tampilan itu, Voca Erudita seperti ingin mengabarkan bahwa mengharumkan nama Indonesia di  tanah orang adalah prioritas utama.

Rasa cinta Tanah Air digelorakan oleh 35 penyanyi. Mereka menyenandungkan empat buah lagu, yakni “Bumiku Indonesia”, “Tekad”, “Puing”, dan “Indonesia Jaya”. Lagu-lagu bertema perjuangan tersebut, dibawakan secara bersemangat oleh mereka. Lampu blackout, mereka pun turun panggung untuk berganti kostum.

Tak berselang lama, di sesi berikutnya, 29 singer hadir kembali di atas panggung. Batik sebagai identitas bangsa, masih tertuang dalam kostum kedua mereka. Sebelum mengawali repertoar, Redi Sabtono selaku conductor, mengemukakan, “Di sesi ini, terdapat lagu-lagu yang nantinya akan kami bawakan di Busan.” Maka setelahnya mengalunlah lagu-lagu klasik seperti “Fair Phylis”, “Jaglied”, “O Magnum Mysterium”, “Verlorene Jugend”, dan “Io Mi Son Giovinetta”. Nuansa gospel sangat terasa di lima lagu itu.

Pasca tampilnya Kalam Kudus Choir sebagai penyeimbang suasana, para penyanyi dari Voca Erudita naik panggung kembali. Di sesi ketiganya, mereka mengenakan kostum tradisional. Dengan koreografi rancak, dan di beberapa part diselingi dengan stomp, dengan penuh keceriaan dibawakanlah “Gundul-Gundul Pacul”, “Ondel-Ondel”, dan “Tak Tong-Tong”.  Sebagai penutup, dipilihlah tiga lagu hiburan yakni “Aku Melangkah Lagi”, “Pesta”, dan “Merah Putih”.

Dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintahan Setda Kota Solo, Widi Srihanto, F.X. Hadi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo, berharap dengan keberangkatan Voca Erudita ke Busan, dapat memberikan kontribusi positif dalam branding Kota Solo. “Semoga mampu membawa nama baik bangsa dan negara, Kota Solo, dan civitas akademik UNS,” imbuhnya.

Terkait

VOCA ERUDITA RELA ‘NGAMEN’ DEMI KONVERACI Sebuah vocal grup yang sudah mengoleksi berbagai macam piala kompetisi tingkat dunia menggelar sebuah acara konser bertajuk “KONVERACI” Konser aku...
VOCA ERUDITA UNS GANDENG KALAM KUDUS DI KONVERACI Voca erudita, sebuah grup vocal yang bernaung di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) milik UNS mengadakan sebuah acara “KONVERACI”. Konveraci atau Konse...