Digelar Dua Minggu, Post Fest Gelar Banyak Pertunjukan Seni

1525

Soloevent.id – Berbagai kegiatan bakalan digelar dalam Post Fest. Salah satunya adalah pertunjukan musik “Gelung” yang dibawakan oleh Peni Candra Rini bersama 30 pengrawit wanita. “Ada tiga generasi sinden yang akan tampil: guru saya, saya, dan murid-murid saya,” terang dosen Jurusan Karawitan Isi Surakarta itu saat jumpa pers di Ndalem Joyokusuman, Kamis (29/8/2019).

“Gelung” akan dibawakan dengan iringan Suara Gamelan Nyi Menggung. Kata Peni, “Gelung” adalah komposisi baru yang berisi tafsirannya mengenai falsafah konde. Pementasan musik ini bakal berlangsung di pembukaan Post Fest, Sabtu (31/8/2019), di Ndalem Joyokusuman.

Di tempat yang sama akan diadakan pameran foto dari Argus Photowork. Grup ini beranggotakan lima fotografer: Gunawan Tjokrosetio, Aries Liem, David Wibowo, Taufan Wijaya, Pandji Vasco Da Gama; dan satu kurator, Anin Astiti. “Kami akan menampilkan foto-foto dokumentari mengenai inter-culture,” ujar salah satu fotografer, Pandji Vasco Da Gama.

Tak hanya itu, pembukaan Post Fest dimeriahkan pula oleh Dwiki Dharmawan yang akan berduet dengan musisi Smiet dari Palu. Lalu ada juga pemain saksofon asal Hong Kong, Chi Him Chik. Pembukaan dimulai dari jam 16.00 WIB.



Selain Ndalem Joyokusuman, Post Fest juga berlangsung di Pendapa Balai Kota Solo pada 1 September 2019. Salah satu pertunjukan musik yang bakalan disuguhkan adalah “Ko’-pi Ma-Na???”. Jamal Gentayangan sebagai komposer akan tampil bersama dengan kelompok seni asal Pulau Komodo. “Kami membawa peracik kopi. Dia akan meracik kopi langsung. Nanti penonton bisa ikut menikmati kopi bajawa khas Nusa Tenggara Timur,” terangnya.

Post Fest adalah festival yang digagas oleh Sardono W. Kusumo. Acara yang digelar selama dua minggu, 30 Agustus-15 September 2019, ini mencoba menawarkan gagasan baru mengenai sebuah festival yang berkonsep interdisiplin atau lintas bidang seni, baik itu seni rupa, seni pertunjukan, seni media rekam, film dan seni multimedia. Festival ini juga ingin menumbuhkan ruang-ruang kreatif di Kota Solo.

Selain dua venue di atas, Post Fest juga diadakan di Bentara Budaya Balai Soedjatmoko, kampus UNS Mesen, Kampus IELC, Jurug Solo Zoo, dan UNS Inn.