5 Artis Muda Asal Kota Solo

83

Soloevent.id – Sebentar lagi Kota Solo akan berusia 275 tahun. Sudah banyak pelaku seni yang dilahirkan dari Kota Bengawan ini. Tak sedikit dari mereka sudah tampil di panggung nasional, sebut saja Gesang, Waljinah, Didi Kempot, Nunung, Endah Laras, Sruti Respati, dan banyak lagi.

Selain para senior, Solo juga punya talenta-talenta lainnya yang lebih muda. Siapa saja mereka?

1. Michelle Kuhnle

Perempuan kelahiran Surabaya, 16 tahun silam ini memiliki bakat beragam. Michelle mengawali karirnya sebagai dalang cilik. Saat ia 7 tahun, Michelle memainkan wayang di depan  teman-teman adiknya. Itu menjadi awal mula Michelle ndalang.

Bakat gadis blasteran Amerika-Jawa ini mulai tercium oleh media nasional. Seiring dengan itu, undangan mendalangnya pun semakin berdatangan.

Selain mendalang, perempuan yang tumbuh besar di Kota Bengawan ini juga berbakat di bidang tarik suara. Pada 2015, Michelle merilis single-nya berjudul “Sebuah Penantian.” Panggung-panggung acara musik pun pernah ia cicipi. Dia pernah tampil di Solo City Jazz 2012, saat itu dia masih berusia 9 tahun. Ia tampil lagi di Solo City Jazz 2016.

Selain mendalang dan menyanyi, Michelle Kuhnle menggeluti seni peran. Dia pernah terlibat di sebuah FTV berjudul Miracle Jatuh dari Surga.

Di usia belia, wanita yang sangat mendalami bahasa isyarat ini juga pernah diundang menjadi motivational speaker di Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Telkom Bandung dan dia juga didapuk menjadi Duta Kanker RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

2. Erick Estrada

Pemilik nama asli Erick Gagah Prakarsa ini mengawali karirnya dengan mengikuti  reality show Penghuni Terakhir di salah satu stasiun televisi swasata, 2010 silam. Dia menjadi salah satu peserta paling vokal dan agresif di acara itu.

Selepas Penghuni Terakhir, oleh Ben Kasyafani yang saat itu menjadi pemandu acara, dia disarankan mengikuti casting, hingga akhirnya menekuni dunia hiburan sampai saat ini. Erick kerap muncul di berbagai film layar lebar, antara lain Jakarta Undercover, 6 Lawan 6, Rock and Love, Yowesben hingga Terbang Menembus Langit.

Selain itu, pria kelahiran Solo 17 Maret 1988 ini juga pernah muncul di sitcom  OK Jek yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta.

3. Elizabeth Sudira

Tahun 2019 lalu, perempuan yang kerap disapa Eliz ini meluncurkan lagu “Rindu Solo”. Single tersebut lumayan meledak dan langsung menjadi obat kangen bagi para perantau asal Solo.

Ditahun yang sama, Eliz ditunjuk menjadi maskot Solo International Perfroming Arts (SIPA). Wanita yang menjadi Putri Solo II pada 2010 itu dipilih karena dianggap sebagai ikon milenial Kota Solo yang inspiratif.

Lahir di Solo, 19 Januari 1991, Eliz juga mendalami dunia MC. Ia juga sempat ditunjuk menjadi Duta Bahasa.




4. Tia AFI

Buat kamu yang tumbuh di era 2000-an, mungkin enggak asing dengan Akademi Fantasi Indosiar (AFI). Ajang pencarian bakat itu sempat nge-hits di zamannya. Salah satu juara AFI berasal dari Solo, lo. Namanya Thedora Meilani Setyawati alias Tia AFI. Pada 2004 lalu, dia memenangi AFI Season 2.

Lahir dari keluarga musisi – ayah Tia sangat aktif dalam dunia musik di Kota Solo, bakat menyanyi Tia sudah terlihat saat dia masih duduk di SMP.

Sejak kemenangannya di AFI 2, Tia masih sering tampil di acara-acara off air. Perempuan 38 tahun ini juga pernah diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara-negara sahabat untuk tampil di sana.

5. Nuca

Muhammad Raja Gianucca Putra atau biasa dipanggil Nuca merupakan salah satu penyanyi muda yang turut mengharumkan Kota Solo. Tahun ini, Nuca ikut bersaing di Indonesian Idol 2020. Suaranya yang lembut dan sering membawakan lagu-lagu romantis di setiap minggunya, membuat Nuca selalu mendapatkan vote dukungan hingga membawanya menuju babak spektakuler.

Mengikuti kontes menyanyi bukanlah pengalaman baru bagi cowok kelahiran Solo, 17 tahun silam itu. Dia pernah mengikuti The Voice Kids Indonesia, tiga tahun lalu. Suaranya yang lembut membuat para juri: Tulus, Agnez Mo, dan Bebi Romero memutar kursinya (dalam The Voice, juri yang memutar kursi berarti menyenangi si penampil).

Nuca melenggang hingga babak final dan meraih juara kedua. Selama di The Voice Kids, dia dimentori oleh Tulus.