Enam Event Ini Bakal Meriahkan HUT 275 Kota Solo

1228

Soloevent.id – Februari sepertinya menjadi bulan membahagiakan buat Kota Solo. Setiap 17 Februari, Solo merayakan hari jadinya. Tahun 2020 ini, Kota Bengawan akan berusia 275.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, beragam event bakal diadakan untuk memeriahkan hari spesial tersebut.  Apa saja, sih, acaranya? Berdasar kalender event yang dirilis Dinas Pariwisata Kota Surakarta, ada enam acara yang akan digelar selama Februari. Berikut adalah daftarnya.

 

1. Solo Great Sale

Tiap Februari, Solo bakalan penuh diskon. Potongan harga dan promo lainnya itu bisa kamu dapatkan saat bertransaksi di mal, hotel, restoran, toko fashion, bahkan pasar tradisional. Enggak cuma diskon, customer juga berkesempatan mendapat hadiah utama. Pengundiannya akan dilangsungkan di akhir pelaksanaan Solo Great Sale (SGS) .

Event yang diadakan sejak 2015 ini merupakan gagasan Pemerintah Kota Surakarta bersama Kamar Dagang Industri (KADIN) Surakarta. Solo Great Sale digelar untuk mendorong perekonomian Kota Surakarta di tengah perlambatan ekonomi atau masa low season. Tahun ini ditargetkan 7.000 merchant berpartisipasi di SGS.

Solo Great Sale bakalan diselenggarakan sebulan penuh, mulai 1 Februari sampai 29 Februari 2020.

 

2. Solo City Fun Rally

Event ini merupakan kegiatan gathering untuk mengenalkan Kota Solo. Dengan mengendarai mobil, nantinya para peserta akan berkeliling ke berbagai tempat di Solo. Acara juga bakalan diisi dengan permainan, kuis, bakti sosial, dan berbelanja.

Horison Aziza Solo Hotel akan menjadi lokasi pemberangkatan para peserta. Acara ini digelar pada 9 Februari mendatang.

 

3. BUMN UKM Great Sale

Untuk memeriahkan Solo Great Sale, bakal diadakan pameran yang diikuti oleh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Badan Usaha MIlik Negara (BUMN), Kementerian terkait UKM, industri kecil dan industri kreatif daerah.

Acara ini akan diadakan pada tanggal 13-16 Februari 2020 di Solo Paragon Mall.

 

4. Semarak Jenang Solo

Mau jenang gratis? Kamu bisa datang ke event ini. Diadakan di hari jadi Kota Solo, 17 Februari, Semarak Jenang Solo bakal membagi ribuan porsi jenang. Ada 17 macam jenang sarat filosofi yang dibagikan gratis kepada masyarakat, antara lain jenang sumsum, jenang mutiara, sengkala, rangrang, procot dan masih banyak lagi.

Acara ini digelar di nDalem Djojokusuman.

 

5. Kirab Budaya Boyong Kedhaton

Memeriahkan hari jadi Kota Solo, bakal ada kirab yang menggambarkan sejarah terbentuknya Solo. Kirab itu akan menampilkan cerita perpindahan Keraton dari Kartasura ke Surakarta. Biasanya, kirab ini akan diakhiri dengan sebuah pertunjukan tari kolosal yang menceritakan berdirinya Solo.

Kirab Budaya Boyong Kedhaton akan diadakan pada 22 Februari di halaman Balai Kota Surakarta.

 

6. Pentas Wayang Kulit

Sebagai akhir dari perayaan hari jadi Kota Solo, Pemerintah Kota Surakarta bakalan menggelar pertunjukan wayang kulit.  Acara yang bisa ditonton gratis ini diadakan di Pendapa Balai Kota Surakarta, 29 Februari mendatang.




Nah, itu tadi event-event yang akan diselenggarakan selama Februari 2020, sekaligus merayakan hari ulang tahun ke-275 Kota Solo. Kamu mau nonton yang mana?