5 Kejadian Asyik di Hari Batik Nasional ala SDN Cemara 2

0
86

Soloevent.id – Kamu tahu kan kalau 2 Oktober itu diperingati sebagai Hari Batik Nasional? Sedikit info, nih, pada 2 Oktober 2009 lalu, batik telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Nah, dari keputusan itu, UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Tiap tahunnya, banyak event diadakan untuk merayakan Hari Natik Nasional. Kali ini, SDN Cemara 2 enggak mau ketinggalan buat merayakannya. Murid-murid diajak untuk menggambar dan mewarnai batik.

Seperti apa, sih, kemeriahannya? Baca artikel ini sampai tuntas, ya.



Menggambar dan mewarnai batik sepanjang 100 meter

Kertas gambar putih membentang sepanjang 100 meter di koridor SDN Cemara 2 Solo. Siswa-siswi duduk berjejer rapi sambil membawa peralatan gambar. Acara dimulai pukul 09.30 WIB, mereka mulai menggambar motif batik di atas kertas.

 

Melibatkan ratusan siswa SDN Cemara 2 Solo

Semua siswa mengikuti acara ini, mulai kelas 1-6. Salah satunya Lisa. Siswi kelas 4B itu coba menggambar motif batik bunga. “Ini aku coba menggambar batik enggak pakai penggaris. Aku suka menggambar, tapi mau bikin batik seperti ini agak susah,” katanya sambil menunjuk kertas bergambar motif batik.

 

Antusiasme murid

 

Kayaknya menggambar motif batik adalah hal yang menyenangkan buat para murid. Suara ramai penuh keceriaan memenuhi koridor sekolah. Mereka menggambar motif batik yang beraneka ragam.

 

Mengenalkan batik kepada siswa

Ini adalah kegiatan perdana yang digelar SDN Cemara 2 di Hari Batik Nasional. Sekolah pingin mengenalkan sekaligus mengajarkan kepada murid-muridnya untuk merawat, menghargai, dan melestarikan warisan budaya sejak dini.

 

Semua warga sekolah menggunakan batik

Semua warga sekolah menyambut Hari Batik Nasional. Buktinya semua mengenakan batik di hari Selasa (2/10/2018) ini.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kami dalam mencintai produk dalam negeri seperti batik ini,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SDN Cemara 2 Solo, Pri Utomo.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here