Merayakan Hari Besarnya Para Penikmat Kopi

0
164
Foto: ico.org

Soloevent.id – Tanggal 1 Oktober sepertinya menjadi hari besar bagi para penikmat kopi. Kenapa? Karena tanggal itu diperingati sebagai Hari Kopi Internasional. Simak ulasannya berikut ini.

Dikutip dari berbagai sumber, awal mulanya perayaan Hari Kopi Internasional ada dua versi. Versi pertama menyebut 29 September, ada 17 negara yang merayakan di tanggal itu, di antaranya Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Skotlandia, Etiopia, Britania Raya, dan Australia.

Versi kedua, penetapan 1 Oktober sebagai International Coffee Day diresmikan oleh International Coffee Organization (ICO) di Kota London, Inggris, tahun 2015. Pada sidang ICO Maret 2014, beberapa negara sepakat menetapkan Hari Kopi Internasional diperingati pada tanggal tersebut.

ICO merupakan organisasi antarpemerintah yang dibentuk dengan harapan dapat menuntaskan tantangan ataupun masalah perkopian dunia melalui kerjasama internasional. ICO juga bergerak di bidang ekspor dan impor kopi.

Awalnya ada 74 negara yang bergabung. Kini organisasi tersebut beranggotakan 77 negara dan 24 asosiasi kopi. Para anggota ICO mewakili 98% produksi kopi dunia dan 83% konsumsi kopi dunia.

Bagaimana di Indonesia? Hari Kopi Nasional juga ditetapkan 1 Oktober. Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia dan bergabung dalam ICO, Indonesia pun turut merayakannya.

Ngopi saat ini sedang ngetren di kalangan anak muda. Ditandai dengan menjamurnya kedai-kedai kopi hingga ke kota-kota kecil. Fenomena ini seperti mengingatkan kembali sejarah perkopian Indonesia yang pernah merajai dunia dalam jangka waktu yang lama.

Hari Kopi Internasional merupakan hari raya para pencinta kopi di seluruh dunia. Mereka menganggap kopi enggak sekedar minuman, tetapi juga sebagai penghubung komunikasi, kreativitas, budaya, dan beragam aktivitas menyenangkan. Yap, bisa diibaratkan kopi adalah bahasa universal.



Perayaan Hari Kopi banyak dilakukan secara mandiri di berbagai belahan dunia. Salah satunya Solo. Salah satu komunitas kopi di Kota Bengawan, Kopi Solo Community, bakalan menggelar Ngopi Asyik Bersama Kedai Kopi Soloraya, Senin (1/10/2018), mulai jam 18.30 WIB di Pasar Triwindu. Acaranya gratis dan terbuka untuk umum.

Berbagai kegiatan diadakan untuk memeriahkan acara, mulai dari diskusi, ngumpul bareng para penggemar kopi, hingga bagi-bagi kopi gratis. Berbagai kedai kopi se-Solo Raya akan ngumpul dan ngopi bareng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here