Inilah 12 Event Kota Solo di Bulan Oktober 2018

0
97

Soloevent.id – Ada 12 event yang bakalan digelar di Kota Solo pada bulan Oktober 2018 ini. Kamu mau nonton yang mana?



 Talk Show Hari Batik

Selasa, 2 Oktober

The Royal Surakarta Heritage

Jam 09.00

Setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Solo enggak mau ketinggalan menyemarakkannya. Event yang membahas perkembangan batik di Solo ini diadakan oleh Forum Komunikasi Pegiat Pariwisata Surakarta.

 

Suro Bulan Kebudayaan

Kamis, 11 Oktober

Museum Radyapustaka

Jam 19.00

Buat masyarakat Jawa, Sura adalah bulan yang penting. Nah, untuk memeriahkannya, diselenggarakanlah acara ini. Nantinya, Suro Bulan Kebudayaan diisi oleh pertunjukan seni dan budaya.

 

Solo Batik Fashion 2018

Jumat-Minggu, 12-14 Oktober

Solo Paragon Mall

Jam 19.00

Pingin melihat model-model cantik dan ganteng yang memakai busana batik? Kamu bisa mampir di event ini. Solo Batik Fashion (SBF) menampilkan busana-busana berbahan batik bikinan desainer-desainer Kota Solo dan sekitarnya.

SBF adalah salah satu event Kota Solo yang bisa bertahan hingga satu dasawarsa. Nah, di edisi kesepuluhnya ini tema yang diangkat adalah “Kharisma Nusantara”. Hhhmm, kira-kira ada penampilan atau kejutan spesial enggak, ya?

 

Sendratari Ramayana “Brubuh Alengka”

Jumat, 12 Oktober

Taman Balekambang

Jam 19.30-21.00

Sendratari Ramayana adalah pementasan drama tari yang menampilkan cerita-cerita dari Ramayana. Para pemainnya berasal dari sanggar-sanggar tari di Kota Solo dan sekitarnya.  Acara ini bisa kamu tonton secara gratis, lo.

“Brubuh Alengka” mengisahkan tentang kemarahan besar Dasamuka kepada Ramawijaya. Penyebabnya adalah banyak prajuritnya yang tewas setelah bertarung dengan Rama dan pasukannya. Akhirnya Dasamuka sendiri yang menghadapi Rama.  Saat berduel, mereka mengeluarkan jurus-jurus yang sakti.

 

Museum Goes to Campus

Selasa-Mingggu, 23-28 Oktober

Auditorium UNS

Jam 09.00-17.00

Kamu bisa menambah wawasan di event ini. Soalnya di sini bakal ada banyak museum yang memamerkan koleksi-koleksinya. Tahun lalu pesertanya antara lain Musuem Keris Nusantara, Museum Radyapustaka, Musuem Sangiran, Museum Sandi.

 

Festival Gema Jaringan Kota Pusaka Indonesia

Rabu-Jumat, 24-26 Oktober

nDalem Joyokusuman

Jam 13.00

Solo akan menjadi tuan rumah Festival Gema Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). JKPI didirikan untuk melestarikan pusaka alam dan pusaka budaya yang dimiliki kota/kabupaten di Indonesia.

JKPI dibentuk di Solo pada 2008 , salah satu pencetusnya adalah Presiden Joko Widodo (saat itu dia menjabat sebagai Wali Kota Solo). Hingga 2017, sudah ada 66 kota/kabupaten yang menjadi anggotanya.

 

Sendratari Ramayana Full Story

Jumat, 26 Oktober

Taman Balekambang

Jam 19.30-21.00

Tiap bulan, Sendratari Ramayana digelar di Taman Balekambang dengan lakon berbeda-beda. Nah, di edisi ini, kamu bisa nonton Sendratari Ramayana dengan cerita lengkap, mulai dari awal pertemuan Rama dengan Sinta, penculikan Sinta oleh Rahwana, hingga direbut kembalinya Sinta dari tangan Rahwana.

 

International Mask Festival

Jumat-Sabtu, 26-27 Oktober

Istana Mangkunegaran

Jam 19.00-23.00

Seniman-seniman topeng dari Indonesia dan mancanegara bakal tampil di Solo. Tahun lalu, enggak cuma pertunjukan tari topeng saja yang digelar, tapi juga ada workshop dan seminar.

Seniman topeng yang pernah manggung di IMF di antaranya berasal dari Nigeria, Serbia, Meksiko, Italia, dan Hungaria.

 

Pasar Seni dan Budaya Taman Balekambang

Jumat-Minggu, 26-28 Oktober

Taman Balekambang

Jam 10.00-21.00

Sambil menikmati asrinya Taman Balekambang, kamu bisa nonton pementasan seni. Kamu juga bisa menjajal permainan tradisional. Acara ini diselenggarakan untuk merayakan ulangtahun Taman Balekambang.

 

Solo is Solo

Minggu, 28 Oktober

Jl. Gatot Subroto

Jam 20.00-22.00

Koridor Gatot Subroto bakalan dihiasi mural. Tahun lalu tokoh-tokoh seperti Presiden Joko Widodo, Nike Ardila, Kurt Cobain, dan mural bertema sosial mempercantik dinding-dinding toko di kawasan tersebut.

Buat kamu yang suka foto-foto, jangan lupa agendakan ke Gatsu.

 

Lari Solo Open 10k

Minggu, 28 Oktober

Tugu Makutho-Balai Kota Solo

Jam 05.30

Yang hobi lari, bisa nih ikutan event ini. Perlombaan ini terbuka bagi umum, TNI/Polri/ASN, dan pelajar. Selain menyehatkan, kamu juga bisa membawa uang 15 juta Rupiah (juara 1 umum) dan 10 juta Rupiah (juara 1 TNI/Polri/ASN,  pelajar)  kalau bisa menjadi yang tercepat.

Klik di sini untuk informasi lengkapnya.

 

Pentas Simpul Seni Pertunjukan Solo Raya

Minggu, 28 Oktober

Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo

Jam 14.00

Kota Solo dikenal dengan kota pertunjukan. Tiap bulan, selalu ada pertunjukan seni yang digelar di Kota Solo. Di bulan Oktober 2018 ini, Pemerintah Kota Solo akan mengadakan Pentas Simpul Seni Pertunjukan Solo Raya. 

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here