Unjuk Keterampilan di Nata Niti Natas #7

0
190

FSRD-ISI-SURAKARTA-001


Soloevent.id – Di akhir semester ganjil ini, mahasiswa Jurusan Kriya Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memamerkan tugas-tugas kuliahnya. Ada 350-an karya yang dipajang di pameran Nata Niti Natas #7.


Diikuti oleh mahasiswa tiga angkatan: 2015, 2016, 2017; karya-karya itu antara lain berasal dari mata kuliah Ornamen, Nirmana, Studio Keris, Studio Kulit, Studio Logam, Lukis Kaca, Batik, Trimatra, dan Kriya Kayu.


FSRD-ISI-SURAKARTA-002


Jika kamu mampir ke Nata Niti Natas #7, kamu bisa menjumpai kerajinan kulit yang dibentuk tas jinjing dan dompet di ruang pamer sisi barat. Ada juga perabotan-perabotan rumah tangga dan kantor yang dibikin dari logam maupun kayu, misalnya vas bunga, celengan, tempat pensil, lampu baca, dan lain-lain. Yang tak kalah apik adalah lukis kaca. Dibuat warna-warni, karya ini menampilkan fragmen cerita perwayangan, tapi ada juga yang gubahan sendiri.


Ketua Panitia Nata Niti Natas #7, Moh. Qhoerudin  Soleh, menjelaskan karya-karya tersebut tak hanya dipamerkan. Apabila ada peminat, karya-karya itu bisa dibeli, “Untuk penentuan harganya bisa dibicarakan langsung kepada si pembuat,” terangnya saat ditemui Soloevent selepas pembukaan pameran.


FSRD-ISI-SURAKARTA-003


Qhoerudin menuturkan Nata Niti Natas adalah pameran wajib yang diikuti oleh tiga Program Studi, yaitu Kriya Seni, Batik, serta Keris dan Senjata Tradisional. Setelah melalui tahap seleksi, karya-karya terbaik masing-masing mahasiswa dipamerkan di acara ini.


Mengusung tema “Reinkarnasi Karya Nusantara”, Qhoerudin dkk. berharap bisa memunculkan karya dan ide baru.


FSRD-ISI-SURAKARTA-004


Pameran Nata Niti Natas #7 diselenggarakan pada Senin-Jumat (22-26/1/2018) di Galeri Museum Seni Kampus II ISI Surakarta.


 

Penulis: Reza Kurnia Darmawan

Foto: Reza Kurnia Darmawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here