Marcell Menghanyutkan Lewat Pop, Sangar Saat Nge-Rock

93

Soloevent.id – Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan yang akrab disapa sebagai Marcell Siahaan atau Marcell adalah seorang penyanyi dan aktor dari Indonesia. Namanya mulai dikenal sejak berduet dengan Shanty di lagu “Hanya Memuji”.

Sebelum menghanyutkan pendengar dengan “Takkan Terganti”, “Peri Cintaku”, “Semusim”, dan lagu-lagu pop lainnya, Marcell ternyata pernah menjadi pemain drum untuk band hardcore asal Bandung, Puppen. Marcell terlibat dalam mini album Not A Pup dan album penuh MKII.

Setelah keluar dari Puppen pada 1998, jiwa rocker Marcell kembali diwadahi dalam band The Experimental Jetsets. Album Escapade menjadi satu-satunya peninggalan The Experimental Jetsets. Setelah album itu rilis, mereka memilih bubar.

Memasuki milenium kedua, pria kelahiran 21 September 1977 ini aktif sebagai solois. Album pembukanya, Marcell, dirilis 2003. Singkat cerita, Marcell kembali nge-band. Bersama Edwin Syarif, Candra “Che” Johan, dan Rommy Sophiaan, Marcell memperkuat band post-grunge bernama Konspirasi. Album perdana mereka, Teori Konspirasi, dinominasikan ke dalam “Album Rock Terbaik” pada Anugerah Musik Indonesia 2013.

Marcell Siahaan merupakan salah satu musisi lintas genre. Dia mengingatkan setelah mendapat referensi musik dengan bantuan teknologi internet, anak-anak muda Indonesia sebaiknya terus menggali sampai ke akar musik. Marcell memberi contoh, para penyuka musik Seringai dan Ghost harus paham apa akar musik yang menjadi referensi band-band tersebut.



Dengan mengetahui akar musik, menurut Marcell, anak muda, terutama yang menjadi pemain musik, bisa mengembangkan akar musik itu dengan cita rasa dan keinginan mereka.