Lebih Dekat dengan Kain Nusantara di Wastra Fest

0
259

Soloevent.id – Wastra Fest mulai digelar. Tarian bertema “Cerita Kain tentang Kain” yang dibawakan Trifosa Evria D. Manek menjadi sajian pembuka. Trifosa ditemani model-model yang mengenakan tujuh macam kain Nusantara, yaitu kain tenun Indigo Ikat Bajawa Flores, kain Umalulu Melolo Sumba, kain tenun Baduy, kain tenun Toraja, kain songket Jembrana Bali, kain lurik Klaten, dan kain tenun Sikka NTT.

Setiap kain yang ditampilkan mempunyai filosofi khusus yang mencerminkan daerah masing-masing. Salah satunya kain tenun Sikka yang motifnya menggambarkan kehidupan masyarakat setempat.

“Dengan adanya festival ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat melestarikan kain tradisi Indonesia. Dalam melestarikan tradisi bukan hanya orang dari luar daerahnya saja akan tetapi masyarakat dari daerah itu sendiri juga harus ikut melestarikan kain tradisi,” ucap salah satu perajin kain asal Toraja N’one, Jumat (29/3/2019).

Kamu yang penasaran mengenai kain-kain Nusantara: bagaimana proses pembuatan dan filosofinya, bisa mampir di Galeri Kain Nusantara di Pendhapa Puro Mangkunegaran.

Tak hanya pameran, di hari yang sama diadakan juga fashion show “Fatamorgana” mulai pukul 19.00 WIB. Pergelaran busana itu menampilkan  Dea Marcynthia by Bebby Batik Art, Man Upon the Hill by Dian Oerip, Kemulyan by Tulin Prasetyo, A Chapter of Samia Silk by Adelline, Cahaya Dari Timur by Uzi Fauziah, Selaras by Debora Ninik, dan lainnya.

Ada juga pertunjukan tari dari Kemantren Langen Projo Puro Mangkunegaran. Komunitas-komunitas jaz, seperti Jazz by Warisan, So Jazz, dan Pilipe Jazz Community ikut tampil di event itu.

Sabtu (30/3/2019), Wastra Fest bakalan menggelar talkshow “Memberantas Buta Batik di Negeri Batik” bersama Adi Kusrianto. Kamu juga bisa mengikuti workshop Mitoni/Batik dan filosofi Cute Doll bersama Saraswati Soembogo mulai pukul 15.00.

Wastra Fest merupakan rangkaian acara Mangkunegaran Jazz Festival. Sebagai puncaknya di Sabtu malam, akan tampil musisi-musisi dalam negeri maupun mancanegara. Mereka adalah Aditya Ong ft Alfado Jacob, Bossa Movement Trio, Warisan Brass Pro, Jordy Waelaruw ft Tommy Pratomo, Ardhito Pramono, Eva Celia, D’Masiv (Jazz Project), dan Lianne La Havas.



Acara ini mencoba mengolaborasikan unsur modern dan tradisi. Makanya, di acara puncak itu, bakalan tampil juga Grup Tari Kinarya Soeryo Soemirat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here