Lima Festival Jaz Ini Diadakan Tiap Tahun, Mau Nonton?

273

Soloevent.id – Banyak festival jaz digelar di Indonesia. Tak sedikit dari event-event itu menjadi agenda tahunan yang punya daya pikat tinggi. Festival-festival tersebut kadang diadakan di tempat-tempat terbuka yang punya ciri khas, misal wisata alam, bangunan bersejarah, dan lain-lain. Daftar pengisi acaranya pun jempolan dan enggak cuma dari dalam negeri saja.

Kali ini, Soloevent mau membahas soal lima festival jaz di Indonesia yang rutin diadakan tiap tahun.

1. Java Jazz Festival

Kalau membicarakan soal festival jaz di Indonesia, rasanya akan salah jika enggak memasukkan event ini ke dalam daftar. Java Jazz Festival merupakan festival jaz terbesar dan terpopuler di Indonesia.

Digelar sejak 2005, konser ini menghadirkan musisi-musisi dari dalam maupun luar negeri, seperti indra Lesmana, Dave Koze, Stevie Wonder, David Foster, dan banyak lagi.

2. Jazz Gunung

Seperti nama festivalnya, gelaran musik jaz yang sudah menjadi event tahunan ini digelar di area Gunung Bromo. Digagas pada tahun 2009 oleh seniman Sigit Pramono, Butet Kartaradjasa, dan Djaduk Ferianto. Jazz Gunung menyuguhkan pengalaman nonton konser musik sambil ditemani sejuk/dinginnya alam pegunungan.

3. Kampoeng Jazz

Diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, festival jaz ini diadakan di Bandung. Beberapa musisi jaz dunia, seperti Tahiti 80, Tetsuo Sakurai, Renee Olstead pernah memeriahkan acara ini.



4. Prambanan Jazz Festival

Di event ini, kamu bisa menikmati kemegahan Candi Prambanan sambil ditemani alunan musik. Setiap tahun, Prambanan Jazz Festival (PJF) selalu menghadirkan bintang-bintang kenamaan, baik dalam maupun luar negeri.

Tahun ini, PJF digelar pada awal bulan Juli 2019 lalu. Banyak artis-artis muda yang diundang, seperti Callum Scott, GAC, Ardhito Pramono, dan lain-lain. Di panggung Special Show, giliran musisi-musisi senior yang mengambil alih, seperti Yanni, Anggun, dan Brian McKnight.

5. Solo City Jazz

Kota Solo juga punya festival jaz. Namanya Solo City Jazz (SCJ). Event ini pertama kali digelar pada 2009. Artis-artis nasional pernah dibawa ke SCJ, seperti Fariz RM, Tompi, Ermy Kullit, Gugun Blues Shelter, dan lain-lain.

Tahun ini, Solo City Jazz akan digelar pada 28-29 September. Ini bakalan menjadi edisi kesepuluh. Tanggal 28 September bertempat di Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Selain pertunjukan musik, hari pertama ini juga diwarnai dengan pergaan busana yang akan menampilkan karya-karya Rory Wardhana.

Hari puncaknya bakalan dilangsungkan di Taman Balekambang pada 29 September. Bintang tamunya adalah Bonita-Adoy, Down for Life (featuring Kurawa Voice, Dhea Fandari, Ari Wulu), Aditya Ong Trio feat Gabby, Tricotado, Kemlaka.