Jaka Tingkir Bagi-bagi Ketupat di TSTJ Solo

0
50

Soloevent.id – Sambil menaiki kereta kuda tanpa atap, Jaka Tingkir menebar senyum dan menyebar kepingan uang logam kepada masyarakat. “Mas, uncalke kene, mas!” kata seorang perempuan paruh baya. Permintaan itu dituruti Jaka Tingkir. Sehabis dilempar, koin langsung direbutkan warga.

Tulisan di atas adalah cuplikan meriahnya Kirab Jaka Tingkir yang diadakan di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Selasa (19/6/2018). Kirab Jaka Tingkir adalah acara tahunan yang digelar TSTJ untuk menandai berakhirnya event libur Lebaran, Pekan Syawalan Jurug. 2018 ini, event tersebut dilangsungkan 15-19 Juni.

Tiap tahun, pemeran Jaka Tingkir selalu berganti. Kali ini Putra Solo 2017, Aby Rafdi Ruthtama Surya, dipilih memerankan Jaka Tingkir. Aby mengenakan beskap hijau, jarit, blangkon, dan ia dikalungi ronce melati. Sebilah tombak yang juga dihiasi ronce melati selalu berada dalam genggamannya.

Kirab dimulai dari bulevar belakang Universitas Sebelas Maret Surakarta, kemudian melewati Jl. Ki Hajar Dewantara dan Jl. Kyai H. Masykur, lalu berakhir di TSTJ.

Kirab juga menampilkan atraksi kesenian dari tujuh kelurahan yang ada di Kecamatan Jebres, seperti Lembu Sura, barongsai Macan Putih Sudiro, reog Ponorogo, dan lain-lain. Rombongan kirab juga mengarak gunungan ketupat dan kue apam.

Di puncak acara; Jaka Tingkir, Direktur TSTJ Solo, dan Wakil Wali Kota Solo membagikan ketupat dan kue apam kepada pengunjung TSTJ. “Ada 3.000 ketupat dan 1.000 apam yang kami bagikan,” jelas Direktur Taman Satwa Taru Jurug, Bimo Wahyu Widodo Dasir.

Bagi-bagi ketupat ini juga selalu menjadi acara tahunan di TSTJ Solo saat libur Lebaran. Kenapa ketupat? “Dalam tradisi Jawa, ketupat atau kupat dimaknai dengan ngaku lepat [mengaku bersalah]. Harapannya agar kita bisa saling memaafkan, kembali suci, dan menjunjung tinggi kebersamaan di Idul Fitri,” terang Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.



Purnomo mewakili Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, berharap agar Kirab Jaka Tingkir dan bagi-bagi ketupat bisa memberikan hiburan bagi masyarakat, sekaligus semakin menjadikan TST sebagai tempat wisata keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here