Tiga Event Ini Meriahkan Lebaran di Kota Solo

332

Soloevent.id – Wah, enggak terasa Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Libur Lebaran nanti mau ke mana? Kalau boleh usul, nih, mungkin kamu bisa mengunjungi tiga event Lebaran di Kota Solo.

Yap, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Surakarta kembali menggelar event yang menyemarakkan Lebaran di Kota Solo. Tahun ini, acara diselenggarakan di tiga lokasi, yakni Benteng Vastenburg, Taman Balekambang, dan Jurug Solo Zoo.

Event Lebaran di Solo tahun 2019 ini akan terasa lebih spesial, karena Kota Solo akan menggelar beberapa event budaya khusus untuk masyarakat dan para pemudik yang pulang ke Solo. Para pemudik yang kangen pertunjukan budaya, nantinya bisa langsung mengajak keluarganya untuk nonton,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan, saat ditemui Soloevent di kantornya, Senin (27/5/2019)

Berikut adalah tiga event lebaran di Kota Solo.

1. Bakdan ing Balekambang

Taman Balekambang bisa jadi alternatif buat rekreasi bareng keluarga. Selain murah meriah, tempatnya juga asri karena berada di taman kota. Di sana, kamu bisa melihat dan memberi makan rusa juga.

Pada 4-9 Juni, di Taman Balekambang bakalan ada Bakdan ing Balekambang. Acara tersebut dimeriahkan dengan stan kuliner, pementasan kesenian, permainan tradisonal, dan banyak lagi. “Biasanya ada banyak stan kuliner di sana. Ada juga pameran karya kreatif dan pementasan kesenian,” papar Hasta.

Bakdan ing Balekambang digelar pukul 08.00-17.30 WIB.

2. Pekan Syawalan Jurug Solo Zoo

Taman Satwa Taru Jurug atau yang kini dikenal dengan Jurug Solo Zoo adalah salah satu tempat seru di Kota Solo buat ngumpul bareng keluarga. Selain bisa nonton hewan-hewan koleksi Jurug Solo Zoo, kamu juga bisa menjajal wahana permainan, kolam keceh, dan kolam tangkap ikan.

Pekan Syawalan ini digelar pada 5-9 Juni, mulai jam 07.30-17.00 WIB. Di hari terakhir, bakalan ada Kirab Jaka Tingkir, Sendratari Kolosal Jaka Tingkir, dan Pesta Ketupat. Kali ini, yang berperan sebagai Jaka Tingkir adalah KGPH Mangkubumi (Putra SISKS Pakubuwono XIII).

3. Bakdan Neng Solo: Nonton Opera Ramayana

Bakdan Neng Solo akan digelar secara outdoor di Benteng Vastenburg. Acara ini bakal menampilkan pertunjukan opera Ramayana dengan sentuhan tradisional-kontemporer.

Bakdan Neng Solo: Nonton Opera Ramayana diselenggarakan selama tiga hari, 7-9 Juni, mulai jam 19.30. Tahun ini, lakon yang diangkat adalah “Sinta Obong”. Pertunjukan bakalan diramaikan oleh 150 seniman, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Event ini bisa ditonton secara gratis. Mau tahu lebih soal Bakdan Neng Solo: Nonton Opera Ramayana? Klik di sini.



Nah, itu tadi tiga event Lebaran di Kota Solo. Kamu mau nonton yang mana?