Art Edu Care #8: Mahasiswa Dan Masyarakat Berkarya Bareng

0
77
art-edu-care

pameran-art-edu-care

Soloevent.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali mengadakan pameran tahunan, Art Edu Care. Di edisi kedelapan ini, ada 47 karya yang ditampilkan.

Karya-karya yang dipertontonkan terdiri dari instalasi, artwork, video art, dan masih banyak lagi. Semua karya yang ada di Art Edu Care merupakan karya partisipatoris. Di event ini, para pengkarya melakukan kolaborasi bareng pihak-pihak lain seperti anak-anak panti asuhan, Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), murid sekolahan, dan lainnya.

Ferri Mega Nanda contohnya. Karya dua dimensinya yang diberi judul “Culture Powers”, Ferri mengajak anak-anak sekolahan untuk membikin karya menggunakan teknik transfer papper. Siswa-siswi itu diajari mencetak foto di atas telenan berukuran 50cm x 50 cm 120 cm. Foto-fotonya menggambarkan kekayaan budaya yang ada di Kota Solo. Lewat karyanya ini, Ferri ingin mengenalkan budaya kepada anak-anak.

Ada juga karya kolaborasi antara Panitia Art Edu Care #8 dengan anak-anak Panti Asuhan Misi Nusantara. Di karya ini, mereka berkolaborasi membikin boneka perca. Sebagai hiasan, boneka ini dipermanis dengan manik-manik, dakron, dan benang wol.

Ketua Panitia Art Edu Care #8, Kristian Fajar Anggoro, menjelaskan, konsep seni partisipatori ini dipilih demi menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa keguruan. “Kami ingin mengajarkan kepada masyarakat bahwa seni itu penting. Setiap manusia mempunyai kreativitas,” katanya kepada Soloevent.

Selain mahasiswa Pendidikan Seni Rupa FKIP UNS, Art Edu Care #8 juga diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari luar kota dan luar negeri (Malaysia dan Brunei Darusalam). Event ini diadakan dari 28 Maret-1 April 2017 di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here