5 Event Lebaran di Kota Solo yang Asyik Dikunjungi Bareng Keluarga

0
2837

Soloevent.id – Wah, tak terasa Lebaran tinggal sebentar lagi. Hari Raya ini identik dengan mudik dan kumpul keluarga.

Kalau kepingin mencari suasana beda sehabis silaturahmi, mending mampir saja ke Benteng Vastenburg, Keraton Kasunanan Surakarta, Taman Balekambang, dan Solo Zoo. Karena tempat-tempat tersebut bakal jadi lokasi event Lebaran di Kota Solo.

Apa saja event-nya? Oke, inilah daftarnya.



Bakdan Neng Solo

Mau nonton gratis sendratari Ramayana? Mampir saja ke event ini.  Bakdan Neng Solo digelar secara outdoor di halaman Benteng Vastenburg.

Acara ini menampilkan pertunjukan drama tari yang mencuplik kisah Ramayana dan digarap dengan sentuhan tradisional-kontemporer. Beberapa judul yang pernah dipentaskan antara lain “Anoman Obong” dan “Rama Tambak”.

Biasanya acara ini diselenggarakan beberapa hari setelah Idul Fitri dan bakalan dihelat selama tiga hari.

 

Grebeg Syawalan

H+2 setelah Idul Fitri, Keraton Kasunanan Surakarta rutin menggelar Grebeg Syawalan, yakni prosesi kirab Gunungan Jaler dan Gunungan Estri dari keraton menuju Masjid Agung Surakarta.

Sesudah didoakan, Gunungan Jaler akan direbutkan di halaman masjid, sedangkan Gunungan Estri diarak balik ke keraton untuk dibagikan kepada warga.

Acara berebut gunungan selalu dinantikan masyarakat, karena konon isian gunungan punya manfaat baik bagi kehidupan.

 

Bakdan ing Balekambang

Taman Balekambang sepertinya menjadi destinasi yang pas buat tempat rekreasi bareng keluarga. Sambil menikmati asrinya taman kota, kamu dan keluarga juga bisa menjajal permainan tradisional dan wahana-wahana lain. Kalau mau icip-icip kuliner, ada stan-stan yang menjual makanan/minuman.

Selain itu, Bakdan ing Balekambang juga menampilkan pementasan kesenian. Suka sama binatang? Di Taman Balekambang juga ada Taman Reptil, lo.

 

Pekan Syawalan Jurug Solo Zoo

Selain Taman Balekambang, Kota Solo juga punya tempat lain yang juga semilir, yaitu Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau kini dikenal dengan Solo Zoo. Di situ, kamu dan keluarga bisa menonton hewan-hewan koleksi Solo Zoo.

Di hari terakhir event akan digelar kirab dan pementasan Jaka Tingkir. 2017 lalu, kirab dimulai dari bulevar Universitas Sebelas Maret Surakarta menuju kebun binatang, sedangkan pertunjukannya dilangsungkan di tengah danau Solo Zoo.

Jangan pulang dulu sehabis nonton pementasan, soalnya ada banyak ketupat yang bakal dibagikan kepada pengunjung.

 

 Taman Pelangi Jurug

Akhir 2017 lalu, Taman Pelangi Jurug menjadi tempat hits warga Kota Solo dan sekitarnya buat foto-foto? Ada apa, sih, memangnya? Nah, di sana kamu bisa foto-foto dengan latar belakang lampion-lampion cantik beraneka rupa.

Salah satu ikon Taman Pelangi Jurug adalah dancing fountain alias air mancur menari. Setelah diperbaiki sejak awal 2018, air mancur menari berstandar internasional itu kabarnya sudah bisa dinikmati lagi.

Taman Pelangi Jurug berlokasi di Solo Zoo. Wahana ini hanya dibuka saat malam hari.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here