Widya Rosena: Tetap Nge-MC, Meski Berangkatnya Kecelakaan

919

Soloevent.id – Buat yang suka nonton konser, mungkin sosok Widya Rosena sudah enggak asing lagi. Widya sering menjadi MC di beberapa acara musik di Kota Solo. Sabtu (6/7/2019), dia mampir ke Radio Sevent dan berbagi cerita soal awal mula merintis karir.

Sebelum menjadi MC, Widya berprofesi sebagai penyiar radio. “Awalnya dulu siaran, lalu mendapat tawaran jadi MC dari teman. Tahun 2008, awalnya ada event radio dari pasar ke pasar. Karena senang ngomong, senang bercanda, dan senang ketemu orang, jadi deh akhirnya,” ujar dia di program People at Sevent.

Karakter ceria dan santainya bikin acara yang dibawakan menjadi lebih meriah. “Dasarnya juga memang cablak, ya, jadi kalau nge-MC jarang yang acara formal. Lebih ke acara musik, wedding, dan ulang tahun,” katanya.

Fitri Tropica dan Indri Barends adalah inspirasi terbesar Widya saat nge-MC. Ia menilai cara kedua artis itu saat membawakan acara selalu ceria dan profesional, apa pun keadaan mood-nya. “Dulu aku pernah punya pengalaman; mau berangkat nge-MC, naik motor, terus malah nabrak orang. Tapi, ya, MC harus tetap jalan dan harus tetep profesional,” kenangnya.



Di akhir wawancara, Widya membagikan beberapa tips buat MC pemula. “Semua ada prosesnya, MC juga begitu. Pertama belajar ngomong dulu sewaktu ketemu sama orang-orang. Memposisikan diri dulu gimana cara ngomong, jangan asal nge-MC. Harus percaya diri kalau ketemu sama orang,” ungkapnya.

Selain menjadi MC, Widya Rosena juga menggagas Hello Market bersama teman-temannya. Hello Market Solo merupakan wadah bagi pelaku usaha kecil menengah di Solo dan sekitarnya untuk mempromosikan produknya lebih luas lagi. Namun, enggak semua brand bisa mengikuti Hello Market, karena pihak penyelenggara punya standar tersendiri untuk menentukan peserta. Hal utama yang dinilai adalah konsep yang dibawakan serta kualitas.