Wajah Baru Pabrik Gula Colomadu Siap Mendunia

0
394

Soloevent.id – Tak ada lagi kesan suram dan horor di eks-Pabrik Gula Colomadu. Bangunan yang didirikan pada 1928 itu kini tampak bugar dan mewah setelah direvitalisasi.

Sekarang, bekas Pabrik Gula Colomadu tersebut punya nama baru yaitu De Tjolomadoe. Gedung itu beralih fungsi menjadi culture center, concert hall, venue MICE (meeting, incentives, convention, and exhibition), dan commercial area.

Gedung konsernya bisa menampung 3.000 orang, sedangkan tempat untuk menggelar MICE dapat diisi 1.000 orang. Nantinya bakalan ada area yang menjual berbagai kuliner dan kerajinan tangan khas Indonesia.

Meski tampil modern, tetapi nilai sejarah yang tersimpan di Pabrik Gula Colomadu masih dipertahankan. Contohnya bangunan gedung maupun mesin-mesin produksi. “Tak ada satu pun bangunan yang dibongkar. Baja-baja di atap masih sama, tapi kami repainting. Mesin-mesin juga kami repainting,” jelas Presidenti Director PT PP (Persero) Tbk, Tumiyana, saat menggelar jumpa pers di De Tjolomadoe, Rabu (28/2/2018).

PT PP (Persero) Tbk adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang turut berpartisipasi dalam revitalisasi. PP bersama tiga BUMN lain, yakni PT PP Properti Tbk; PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko (Persero), serta PT Jasa Marga Properti, membentuk konsorsium bernama PT Sinergi Colomadu yang mengelola De Tjolomadoe.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko (Persero), Edi Setijono, menerangkan, gagasan awal merevitalisasi Pabrik Gula Colomadu adalah untuk mengembalikan kejayaan dan kebanggan anak bangsa.

“Kami ingin membangun kejayaan Colomadu dalam bentuk beda. Di sini akan menjadi tempat aktivitas kreatif anak bangsa yang berskala internasional,” tuturnya. Ia berharap, adanya De Tjolomadoe bisa mengembangkan ekonomi masyarakat.



Menandai mulai beroperasinya De Tjolomadoe, sebuah konser musik akan digelar pada 24 Maret 2018. Perhelatan bertajuk Hitman: David Foster and Friends itu akan dimeriahkan oleh David Foster, Brian McKnight, Anggun C. Sasmi, Sandhy Sondoro, dan satu penyanyi wanita yang masih dirahasiakan.

Tumiyana berharap, diundangnya David Foster bisa menggaungkan nama De Tjolomadoe ke penjuru dunia.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here