Pameran Kampung Purba, Melihat Jejak Peradaban yang Tak Tertuliskan

128

Soloevent.id – Pameran prasejarah Kampung Purba digelar di Hall Stasiun Ketelan De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, 12-24 September 2022. Pameran dengan mengangkat tema “Jejak Peradaban yang Tak Tertuliskan” ini bekerja sama dengan sejumlah museum geologi, cagar budaya nusantara dan Kemendikbudristek.

Pameran Kampung Purba berisi refleksi kehidupan masa prasejarah. Setiap spot menyajikan cerita tentang cara hidup dan beradaptasi manusia hingga tercipta sebuah peradaban yang khas dari masa ke masa.

Terdapat 3 Diorama Aktivitas Manusia Pra-sejarah, Augmented Reality Hewan Purba, Night Museum, Game Manusia Prasejarah “Stone Bouncer”, Video Mapping Padang Perburuan, dll. Semua benda yang ada di Kampung Purba merupakan koleksi dari Museum Nasional, Museum Geologi, Balai Konservasi Borobudur, Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta.

Dalam pameran ini juga menampilkan lukisan gua dari Kalimantan dan Sulawesi serta manekin manusia Flores. Lalu, ada juga Kampung Gerabah. Disini bisa melihat proses pembuatan gerabah. Gerabah biasa digunakan untuk menyimpan hasil pertanian. Bentuk gerabah yang dibuat antara lain, periuk, tempayan dan mangkuk.

Selain itu, terdapat diorama peralatan batu upam, ini merupakan alat yang digunakan manusia purba. Beberapa peralatan lain misalnya untuk menebang mereka menggunakan kapak, untuk memetik hasil panen mereka menggunakan beliung atau belincung, dll.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan, “Bahwa pameran ini menunjukan Indonesia merupakan salah satu tempat yang memiliki situs warisan dunia terbanyak di dunia. Fakta tersebut merupakan salah satu kelebihan yang harus disadari bersama. Melalui pameran ini kedepannya diharapkan dapat mengidentifikasi semua tempat peninggalan yang perlu dikonsolidasi. Dengan menyaksikan berbagai koleksi yang terkumpul di satu tempat, masyarakat bisa semakin mengenal warisan budaya yang Indonesia miliki,” ujarnya dalam keterangan tertulis Kemendikbudristek, Sabtu (17/9/2022).

Pameran Kampung Purba bisa menjadi sarana dan media pembelajaran menarik bagi siswa-siswi sekolah. Ini juga bisa menjadi media informasi dan penelitian bagi siapa saja yang tertarik dengan ilmu sejarah.