Online Shop Makin Ngetop

HELLO-MARKET-103


Soloevent.id – Maraknya bisnis online shop semakin mempermudah para fashionista untuk memenuhi hasratnya. Mereka tidak perlu berpanas-panas keliling toko. Tinggal satu ketukan jari dan voila! Barang pun datang.


Salah satu yang penggemar belanja online, Ratna Analisa (22), mengatakan hal serupa, ia tidak perlu panas-panasan dan berkeliling toko. Baginya hal tersebut membuang waktu, apalagi jika barang yang dicarinya tidak ketemu.


“Kayak contohnya pas lagi hype banget bell sleeve blouse, aku coba cari ke toko enggak nemu yang cocok. Akhirnya cari di online shop. Di situ bisa bandingin berbagai model serupa yang paling pas buat aku,” bebernya.


Selain cepat dan mudah, transaksi online juga lebih efisien ketimbang manual di toko. Akibatnya sekarang, para pelaku bisnis yang semula berjualan secara offline juga merambah dunia online.


Hal ini harus dilakukan agar tidak kalah dengan kompetitor. Bisnis online tidak hanya dilakukan oleh pemain baru yang murni menggunakan internet sebagai media bisnisnya. 


HELLO-MARKET-100


Seperti yang dilakukan oleh Talisa Lintang Pratiwi, owner Sassandco, sebuah brand tas lokal asal Solo dengan material kulit sintetis. Wanita yang biasa disapa Sasa ini memutuskan untuk mendirikan brand-nya itu sejak tahun 2014.


Awalnya, produk-produk Sassandco dititipkan di beberapa distro. Namun, melihat kebiasaan target sasarannya, yakni wanita usia 15-30 tahun yang gemar bermain media sosial, Sasa kemudian membuat akun Instagram @saass_andco setahun belakangan.


Memang di awal menggeluti berjualan online tidak mudah. Namun, berkat keputusannya itu, Sasa saat ini bisa meraup keuntungan hampir tiga kali lipat lebih banyak dibanding penjualannya di distro. “Pendapatan dari online lebih banyak, sih, daripada dititipin di distro. Lewat Instagram sebulannya bisa dapet 20 juta Rupiah,” ujarnya saat ditemui di Hello Market Solo #11, 5 Januari 2018 lalu.


Melihat keuntungan yang sangat signifikan, Sasa pun memaksimalkan online shop-nya demi menjaring pelanggan lebih banyak. Endorse, Instagram Ads, dan mempercantik feed Instagram sudah ia lakukan agar produknya makin diminati.


Terbukti, berbisnis dengan media online sangat efektif untuk menumpuk pundi-pundi Rupiah. Namun, media online merupakan alat, justru produk dibaliknyalah yang menentukan. “Buat aku jualan online itu tetap kualitas produk nomer satu, jangan sampai customer komen “Kok gini, sih?”. Yang kedua baru promo, cara jualannya,” tutup Sasa.


 

Penulis: Yasinta Rahmawati

Foto: Reza Kurnia Darmawan

Terkait

HELLO MARKET #5 USUNG TEMA BLACK TURKEY DI MOMEN RAMADHAN Anak muda memang dikenal sering tampil trendi dan modis. Bahkan, di media sosial semacam Instagram, hashtag "OOTD" -- kepanjangan dari outfit of t...
SHOWCASE HELLO MARKET Melihat kesuksesan pesta wirausaha hello market dua tahun berturut-turut dan meningkatnya minat bisnis anak muda di Kota Solo di dunia fashion ata...
Mau Update Fashion? Hello Market Solo Tempatnya Soloevent.id - Diadakan pada 5-7 Januari 2018 di Grand Atrium Solo Paragon Mall, Hello Market Solo masih menjadi bazar yang ditunggu masyarakat Ko...
BERBURU STREET FOOD DI HELLO FOOD FEST   Soloevent.id - Bazar makanan paling hits di Kota Solo, Hello Food Fest, balik lagi nih buat memanjakan lidah kamu. Event ini jadi wadah UK...
MIMPI DAN HAMBATAN SANG PENGGAGAS HELLO MARKET SOLO Soloevent.id - Para fashionista Kota Bengawan sepertinya sudah enggak asing sama Hello Market Solo. Yap, bazar tahunan ini menjadi rujukan anak mu...