NIKMATNYA TAHU GEJROT KULINER KHAS JAWA BARAT

0
90
NIKMATNYA TAHU GEJROT KULINER KHAS JAWA BARAT

NIKMATNYA TAHU GEJROT KULINER KHAS JAWA BARAT

Soloevent.id – Tahu Gejrot adalah makanan Jawa Barat. Kini juga banyak dijual di jalan –jalan Solo. Cara membuat Tahu Gejrot cukup sederhana. Yaitu tahu berkulit coklat di goreng lalu diiris-iris dan ditambah dengan bumbu sederhana pula yaitu cabai dan brambang atau bawang merah yang diulek kasar lalu dituangi kuah asam gula jawa. Rasanya pedas manis dan asam  bercampur dengan mantap. Rasa bumbu bawang dan cabai itulah yang membangkitkan selera. Meski rasanya pedas, tetap akan menambah atau menagih untuk makan lagi. Makanya bila ingin memesan tahu gejrot harus menakar kekuatan lidah untuk merasakan pedas, bagi yang tak suka pedas cukup dengan sedikit sambal saja. Tapi tentu tahu gejrot ini akan hambar jika tanpa sambal. Sambal tetap ada, karena disitulah kekuatan tahu gejrot itu.  Bumbu bawang merah juga akan menambah sedap sambal itu, apalagi bawang merahnya masih terlihat warna ungunya, karena memang sengaja diulek kasar, sehingga masih ada sensasi rasa pengarnya yang bercampur lombok dan juga air gula asamnya.

Kuah gula asamnya dibuat dengan merebus air dengan menambah gula merah dan juga asam jawa juga sedikit atau dicolok gula pasir atau gula tebu. Maka rasa segar air  gula asam akan terasa, yang akan menambah sedap rasa tahu gejrot itu. Apalagi bila anda ingin memasak sendiri tahu gejrot di rumah, pilihlah bahan yang baik, pilih tahu yang kenyal dan gurih. Bagi yang tinggal di Solo bisa memilih tahu yang berasal dari Wonogiri, biasanya lebih gempi dan gurih. Juga pilihlah gula merah yang baik dan asam jawa di penjual empon-empon.

Bagi yang ingin langsung membeli tahu gejrot yang sudah siap diracik bisa juga membeli tahu gejrot di aneka Seblak di depan Kampus 1 UMS. Dalam menu aneka seblak terselip juga tahu gejrot yang sedap bikinan mas Wahyu. Harganya cukup 6 ribu, bisa di makan di warung tenda kecil atau juga bisa dibawa pulang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here