Jenis-Jenis Makanan Non Gandum Yang Menyehatkan

0
210

MAKANAN NON GANDUM YANG MENYEHATKAN

Soloevent.id – Gandum menurut ahli kesehatan mengandung gluten,salah satu unsur yang memicu hal yang kurang baik bagi kesehatan. Maka disarankan kita mengurangi makanan berbahan dari gandum. Meski agak sulit mengkonsumsi makanan dari gandum tapi kita mencoba mendata ulang makanan apa saja yang ada di sekitar kita yang terbuat dari non gandum dan di mana saja kita bisa mendapatkannya.

1. Makananan dari Tepung Beras.

Panganan dari tepung beras misalnya nagasari, klepon, dan srabi. Nagasari dan klepon bisa di peroleh dari semua pasar tradisional dan toko kue yang menjual kue basah, missal di pasar Gedhe, di Roti Kecil Jl Ranggawarsita, Latanza di Jl. Sugiyopranoto. Sedang srabi bisa di peroleh tentunya di Srabi Notosuman, juga srabi di sekitar Pasar Pon Jl Slamet Riyadi.

2. Makanan dari Ketela dan Singkong

Keripik singkong, bisa diperoleh di Pajang, di toko oleh-oleh Bu Cokro Jongke, atau di pembuatnya, bu Swanti Karang Turi Pajang. Timus dan combro bisa dibeli di penjual gorengan di Purwosari atau Keprabon. Juga kue bolu kukus dari ketela ungu di pasar Gede. Madu mongso bisa dibeli di toko oleh-oleh Mesran dan Toko kue 38 atau Yamofro di Jl Gatot Subroto.

3. Makanan dari Tepung Ketan

Onde-onde bisa diperoleh di penjual makanan Bu Harto atau di Bakmi Thoprak Bu Sri di Jl. Gatot Subroto. Atau di semua pasar tradisional. Kue Moci tersedia di toko oleh-oleh Yamofro dan toko pak Mesran, atau toko oleh-oleh Oen utara pasar Gede. Rengginang di pasar Gede dan pasar tradisional lain juga di toko oleh-oleh Pak Mesran, Pasar oleh-oleh Jongke. Jenang dodol bisa dibeli di toko oleh-oleh Pak mesran, Yamofro juga Oen utara pasar Gede. Lemper ayam atau sapi bisa kita peroleh di Rolis, Roti Kecil, Latanza, toko kue Prestasi di Jl Gatot Subroto dan toko kue lainnya.

4. Makanan dari Sagu

Agak jarang kita menjumpai panganan dari sagu, tapi kita bisa memperoleh di toko kue Ganep Pasar legi. Di sana kita bisa peroleh kue kecik berbahan sagu atau memilih aneka  kue lain berbahan non gandum.

Nah bila kita telah  mengetahui bahan dasar kue basah atau kering yang ingin kita konsumsi maka ada banyak panganan unik yang belum kita cicipi dan lebih menyehatkan tubuh.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here