Mau ke Museum Goes to Campus? Baca Dulu 5 Hal Menariknya

0
50
Foto: Reza K. Darmawan

Soloevent.id – Pingin nambah wawasan soal sejarah Nusantara? Kamu bisa mampir ke Museum Goes to Campus (MGTC) yang lagi diadakan di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Di event ini kamu bisa melihat koleksi-koleksi dari 30-an museum dan lembaga dari berbagai kota. Banyak ilmu yang bisa kamu gali di sini, lo.

MGTC edisi ketiga ini dibuka oleh Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi; Kepala Dinas Kebudayaan Solo, Kinkin Sultanul Hakim; Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Fitra Arda pada Selasa (23/10/2018).

Sebelum kamu berangkat ke Museum Goes to Campus 2018, cari tahu dulu tentang acara ini.

Apa, sih, Museum Goes to Campus?

Diadakan oleh Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS Solo, MGTC ingin mendekatkan museum kepada masyarakat, karena museum itu menyimpan warisan sejarah dan nilai-nilai kebangsaan.

“Perdagangan dan Perkembangan Kebudayaan” jadi tema tahun ini.

Mengedapankan teknologi

Mau tahu lebih soal koleksi peserta MGTC 2018? Kamu bisa mengakses lewat smartphone.

Yap, MGTC kali ini mencoba berbasis IT. Salah satunya yaitu menggunakan augmented reality yang akan mengekplorasi koleksi museum secara audio visual. Namun, hanya beberapa booth yang menyediakan teknologi ini, antara lain Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, dan Museum Sandi.

Kalau kamu mau tahu lebih, kamu bisa mendatangi booth-booth tersebut. Lalu lewat sebuah aplikasi, kamu bisa men-scan informasi ke ponsel pintarmu.

Diikuti 30-an stan

Museum-museum yang mengikuti MGTC 2018 di antaranya Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Nasional Indonesia, Museum Samanhoedi, Museum Sangiran, Museum Keris, Museum Lokananta, Museum Monumen Pers Nasional, Museum Penerangan, dan masih banyak lagi.

Banyak koleksi yang dipamerkan

Di sini kamu bakalan melihat banyak koleksi museum. Kamu bisa melihat replika Perahu Rajamala di booth Museum Radya Pustaka, menguji ketangkasan di stan Museum Listrik dan Energi Baru, mendalami batik-batik kuno di Museum Batik Danar Hadi, dan lainnya.

Ada talkshow

Selain dari pameran, kamu juga bisa menambah ilmu dengan mengikuti talkshow. Ada dua talkshow yang bakal diadakan.

Rabu (24/10/2018) ada talkshow bertema “Milenial Datang Mengubah Tata Dagang” bareng Museum Bank Indonesia. Pembicaranya: Dr. Intan Novela (Dosen FEB UNS Solo), Junanto Herdiawan (Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia), Muhammad Fikri (Head of Community Bukalapak), Suwarmin (Pimpinan Redaksi Solopos), dan akan dimoderatori oleh Nitia Anissa (news anchor Kompas TV).

“Sinergi Museum dan Komunitas” bakal jadi tema talkshow hari kedua, Kamis (25/10/2018). Materi tersebut bakalan dikupas oleh Zaimul Azzah (Museum Benteng Vredeburg), Bandoe Widiarto (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo), Wicaksono alias Ndoro Kakung (Blogger Istana Kepresidenan), Mentari Novel (artis penggiat museum), Hanitianto Joedo (Solo Museum Society), dan Michael Rivaldy (Duta Museum Jawa Tengah). Budi Kusuma akan jadi moderatornya.

Talkshow hari pertama dimulai jam 14.00-17.00, sedangkan talkshow hari kedua dihelat pukul 10.00-12.00 WIB.



Jadi, kapan, nih, kamu mampir ke Museum Goes to Campus 2018? Oh, pameran ini digelar Selasa-Minggu (23-28/10/2018). Kamu bisa berkunjung dari jam 09.00-17.00 WIB. Acara ini gratis, lo.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here