Karya-Karya Inovatif Mahasiswa UNS Surakarta Dipamerkan

975

Soloevent.id – Memeriahkan Dies Natalis ke-44, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Pameran Produk Inovatif di Danau UNS Surakarta, Jumat-Sabtu (13-14/3/2020).

Seperti judulnya, event ini memamerkan karya-karya mahasiswa dari beragam fakultas. Salah satunya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang memamerkan produk berupa Material Karbon Magnetik, Batik Anatomi, Hidrogel, dan Kultur Anggrek.

Produk-produk itu merupakan inovasi dari Program Studi Biologi. “Produk-produk tersebut kami buat untuk bisa dimanfaatkan, seperti Hidrogel ini kami membuat tanaman dengan media hidrogel,” ujar Naila, salah satu mahasiswa yang ikut membuat karya.

Hidrogel berfungsi menyerap dan menyimpan air serta nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba, sehingga produk ini aman digunakan. Tanaman dengan media Hidrogel ini bisa tumbuh seperti tanaman pada umumnya.

Lain lagi dengan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengembangkan mobil gokart. Salah satu tim pengembang, Kukuh, mengatakan proyek ini merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung). “Kami membuat karya ini selama tiga bulan. Sudah kami uji coba juga dan aman. Saat ini kami sedang mengikutkan karya kami untuk kompetisi,” ujarnya kepada Soloevent, Jumat.



Sementara di stan Fakultas Kedokteran bagian Pulmanologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi, ada sosialisasi tentang virus corona. Pengunjung bisa bertanya tentang bagaimana mengantisipasi virus ini.  Stan ini juga memberikan pengarahan seperti etika saat batuk, cara memakai masker yang benar, hingga cara cuci tangan memakai sabun. Di stan ini, pengunjung juga bisa mengecek kesehatan.