5 Hal Ini Bukti Kalau Indonesia Negeri yang Kaya Akan Budaya

0
43

Soloevent.id – Kota Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres IV sekaligus perayaan satu dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Acara ini rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sewaktu menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2008 lalu, Jokowi menjadi salah satu orang yang ikut membentuk JKPI.

Kongres IV JKPI dibuka di Balai Kota Solo, Rabu (24/10/2018). Enggak cuma kongres saja, ada banyak kegiatan yang digelar, salah satunya pameran budaya.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai Rabu-Jumat (24-26/10/2018) di Benteng Vastenburg. Ada 60-an stan pameran dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka menampilkan kekayaan budaya dan produk-produk khas daerahnya.

Ada apa saja, sih, di pameran itu? Berikut 5 di antaranya.

Kota Yogyakarta

Kamu bisa melihat cara pembuatan kerajinan perak khas Kotagede. Di stan ini ada dua perajin yang melakukan demo pembuatan gelang perak. Kamu juga bisa membeli kerajinan perak khas Kotagede. Ada satu lagi yang khas Kotagede, yakni kue kembang waru. Kue ini bisa kamu dapatkan gratis, lo.

Kabupaten Pasuruan

Di stan pameran ini ada beberapa keris kuno seperti Keris Bugel karya Empu Winongan. Keris itu berusia lebih dari 300 tahun. Ada juga Keris Tosan Aji dan Keris Brojol asli peninggalan Kerajaan Majapahit.

Semua keris tersebut adalah koleksi dari komunitas pencinta dan pelestari keris, Satria Suropati Pasuruan Jawa Timur.

Selain itu terpampang foto-foto tempat bersejarah di Pasuruan seperti Rumah Singa, rumah Wali Kota H.E Boissevain (1934), menara air bekas peninggalan Hindia-Belanda, Gedung SMK Untung Suropati, dll.

Kota Singkawang

Di pameran Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, memamerkan kerajinan guci khas Singkawang. Lalu ada juga foto-foto tempat bersejarah di Singkawang, seperti rumah marga Tjhia, permukiman Kali Asin (Jam Tang), dan komplek Alverno.

Kabupaten Siak

Stan Kabupaten Siak dihiasi dengan ornamen khas daerah setempat.

Di pameran JKPI, Kabupaten Siak memamerkan kerajinan tanjak (ikat kepala khas Siak) dan tenun Siak. Selain itu dipamerkan juga beberapa cinderamata dan foto tempat bersejarah, seperti Masjid Raya Syahabuddin Siak Sri Indrapura.

Kamu bisa belajar banyak tentang budaya Melayu di Kabupaten Siak.

Kota Surakarta

Koleksi wayang kulit dipamerkan di stan Kota Surakarta. Wayang kulit kepunyaan Sawago (Sanggar Wayang Gogon) Solo ini terdiri dari wayang simpingan kanan dan wayang simpingan kiri.

Keris-keris koleksi komunitas Bratasura (Bawasara Tosan Aji Surakarta) juga dipamerkan di stan ini.



Pameran Budaya Nusantara di Benteng Vastenburg ini dibuka mulai jam10.00 hingga 22.00 WIB. Oh iya, acaranya gratis dan terbuka untuk umum. Dari pameran ini kamu bisa membuktikan kalau Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan kearifan lokal.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here