Sinopsis Aruna dan Lidahnya, Bukan Sekedar Film Kuliner

0
78
Foto: Reza K. Darmawan

Soloevent.id – Rumah produksi Palari Films mengeluarkan karya kedua setelah Posesif (2017). Kembali menggandeng Edwin sebagai sutradara, kali ini Palari Films mengadaptasi novel Laksmi Pamuntjak, Aruna dan Lidahnya, yang bercerita soal kuliner-kuliner khas di Indonesia.

Enggak hanya mengangkat tentang kuliner, tetapi juga makna bahwa makanan bisa menyatukan perbedaan. Film Aruna dan Lidahnya kaya akan rasa: kuliner, cinta, persahabatan, dan intrik konspirasi. Tak lupa Edwin memberikan bumbu komedi biar semakin mencairkan suasana.

Film ini dibintangi nama-nama besar di dunia film Indonesia, antara lain Dian Sastrowardoyo, Oka Antara, Nicholas Saputra, dan Hannah Al Rashid. Proses shooting dilakukan di beberapa daerah, seperti Surabaya, Pamekasan, Pontianak, Singkawang, dan Jakarta.

Penonton bakal dimanjakan dengan gambar-gambar kuliner khas daerah di atas, misalnya sop buntut, rawon Surabaya, soto Lamongan, kacang kowa, rujak soto, choi pan, pangkang, bakmi kepiting Pontianak, dan lain-lain.

Nicholas Saputra mengatakan masalah-masalah yang dialami para tokoh bisa diselesaikan lewat meja makan. “Ini tuh empat orang dewasa yang mempunyai permasalahan dan karakter berbeda, tapi bisa diobrolkan secara santai di meja makan,” terangnya.

Aruna dan Lidahnya bercerita tentang seorang wanita ahli epidemiologi bernama Aruna (Dian Sastrowardoyo) yang ditugaskan oleh kantornya untuk meneliti virus flu burung di empat daerah: Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang.

Di saat bersamaan, sahabat Aruna yang bernama Bono (Nicholas Saputra) ingin mengajaknya berlibur. Profesinya sebagai koki membuat Bono harus kreatif dalam mengolah makanan. Akhirnya Bono memutuskan ikut pergi ke daerah-daerah yang bakal didatangi Aruna. Bono pingin mencari inspirasi rasa dari kuliner-kuliner khas di tempat-tempat itu.

Sesampainya di Surabaya, Aruna dan Bono bertemu dengan sahabat mereka yang sudah lama tinggal di luar negeri, Nad (Hannah Al Rashid). Karena ingin menyelesaikan buku kulinernya, Nad pulang ke Indonesia dan bergabung bersama Aruna dan Bono.



Namun, tanpa disangka Aruna bertemu dengan mantan rekan kerja yang pernah ia taksir, Farish (Oka Antara). Keempatnya terlibat dalam perjalanan penuh percakapan yang mengungkapkan kisah kehidupan dan rahasia terpendam.

Film Aruna dan Lidahnya bisa kamu saksisan di bioskop mulai 27 September 2018.

 

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here