Digelar di Kampung Batik Laweyan, Inilah Jadwal Festival Laweyan

0
139
Foto: Reza K. Darmawan

Soloevent.id – Tahun 2018 ini Festival Laweyan kembali digelar. Di edisi keempatnya, “Nyawang Laweyan” dipilih menjadi tema. Acara digelar 26 September – 2 Oktober di Kampung Batik Laweyan.

Festival Laweyan merupakan kegiatan kreatif yang menampilkan seni budaya dan kearifan lokal Kelurahan Laweyan. Event ini digelar untuk memeriahkan hari ulang tahun Kampung Batik Laweyan serta Hari Batik Nasional.

Banyak kegiatan diadakan di Festival Laweyan. Berikut adalah jadwalnya.

 

Rolasan Bareng “Laweyan Wareg”

Hari/tanggal: Rabu, 26 September

Jam: 12.30-selesai

Aneka kuliner khas Solo bakalan tersaji di acara makan bersama ini. Diselenggarakan di sepanjang Jalan Sidoluhur, Rolasan Bareng mengusung konsep kuliner tempo dulu.

Menu makan siang akan disiapkan dan disajikan oleh setiap RT/RW, organisasi masyarakat, kelurahan serta pengusaha setempat.

 

Sarasehan “Jagongan Laweyan”

Hari/tanggal: Kamis, 27 September

Jam: 19.00-selesai

Kegiatan sarasehan menjadi tempat sumbang saran warga terkait isu-isu pelaksanaan dan perencanaan pembangunan Kelurahan Laweyan sekarang dan ke depannya.

Bertempat di Pendapa Kelurahan Laweyan, sarasehan bakal dipandu oleh akademisi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan suasana santai sambil diiringi musik tradisional siter dan sajian wedangan khas Kampung Batik Laweyan.



Fashion on the Street at Night

Hari/tanggal: Sabtu, 29 September

Jam: 19.00 – selesai

Peragaan busana baju batik muslimah ini sekaligus bakal dimasukkan dalam buku rekor MURI. Lokasi catwalk dari Tugu Batik sampai perempatan Jalan Tiga Negeri. Peragaan Busana Muslimah ini melibatkan sekitar 500 model.

 

Jalan Sehat Bersama “Laweyan Waras”

Hari/tanggal: Minggu, 30 September

Jam: 06.00 – selesai

Kegiatan olahraga warga Laweyan ini bakalan menyusuri jalan-jalan kecil di Kampung Batik Laweyan. Sebelum dimulai, warga diajak untuk melakukan senam sehat bersama. Acara akan ditutup dengan panggung hiburan warga serta pembagian doorprize.

Selain itu juga digelar kegiatan Dolanan Anak Laweyan di Jalan Sidoluhur yang diperuntukkan bagi anak-anak. Dikonsep dengan menampilkan dolanan anak, kegiatan ini akan menggali dan menghidupkan kembali beberapa permainan anak tempo dulu.

 

Closing Ceremony “Laweyan Award”

Hari/tanggal: Selasa, 2 Oktober

Jam: 19.00-selesai

Festival Laweyan bakalan diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba, juga pemberian Laweyan Award. Itu sebagai bentuk apresiasi warga Laweyan kepada perorangan/lembaga/instansi pemerintah yang telah berperan aktif dalam pengembangan Kelurahan Laweyan sebagai kampung wisata batik.

 

Selama event berlangsung akan ada Lensa Laweyan yang memamerkan foto-foto Laweyan tempo dulu sampai sekarang. Foto-foto itu bakal dipajang di gang-gang kecil berbatas tembok tinggi yang menjadi ciri khas Kampung Batik Laweyan.

Festival Laweyan juga membikin program “Mipik Nyang Laweyan”, yaitu pengunjung Kampung Batik Laweyan berkesempatan mendapatkan voucher potongan harga di showroom batik yang bertanda khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here