Kain Batik Sutera Singkong Mejeng di Mall

294

Soloevent.id – RedLine Agency Model bekerja sama dengan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menggelar event Fashion Festival 2019 di Hartono Mall Solo Baru, Kamis (24/10/2019). Acara tersebut menampilkan berbagai macam kain batik yang dibikin dari sutera singkong asli.

Ketua Panitia Fashion Festival 2019 Artha Christian mengatakan fashion show ini merupakan agenda rutin setiap bulan dari RedLine. “Biasanya kami menggandeng beberapa desainer, kali ini kami bekerja sama dengan LP3M UNIBA. Ini merupakan semacam home industry yang mengembangkan ulat sutera singkong, sehingga lebih ramah lingkungan. Melalui event ini, kami ingin mengenalkan kepada masyarakat tentang kain batik dari sutera singkong,” terangnya.

UNIBA Surakarta sedang menggalakkan usaha persuteraan alam, dimulai dari pemeliharaan ulat sutera hingga menjadi benang dan kain. UNIBA Surakarta melalui program Hi-Link dengan dana hibah pengabdian masyarakat dari Kemenristek Dikti telah menghasilkan prototype produk inovasi teknologi berupa batik sutera ramah lingkungan. Bahan baku yang digunakan yaitu kokon ulat sutera Samia Cynthia Ricini yang memakan daun singkong di Kabupaten Wonogiri.

Dosen Ekonomi UNIBA Surakarta, Trimurti, mengatakan pengembangan sutera ramah lingkungan ini telah diteliti selama tiga tahun sejak 2014 hingga 2016. “Kini, telah memasuki tahap prakomersialisasi dan pengenalan kepada masyarakat,” ujarnya.



Tahun 2019, UNIBA Surakarta mengikuti program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Tekonologi (CPPBT) dari Kemenristek Dikti yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia dan mendorong para wirausaha. Ulat sutera pemakan daun singkong dinilai lebih ramah lingkungan, uji coba sudah dilakukan pada lingkungan operasional melalui event pameran dan tes pasar produk inovasi.