Semarak Budaya Indonesia 2016 Dimeriahkan 13 Sanggar Tari

538
SEMARAK BUDAYA INDONESIA 2016 DIMERIAHKAN 13 SANGGAR TARI

SEMARAK BUDAYA INDONESIA 2016 DIMERIAHKAN 13 SANGGAR TARI

 

Soloevent.id – 13 sanggar tari dari Solo maupun luar kota bakal memeriahkan Semarak Budaya Indonesia 2016. Event budaya ini diselenggarakan di Teater Terbuka Taman Balekambang, Solo, pada Jumat-Sabtu (29-30/7/2016) mendatang. Acara akan dimulai pada jam 19.00 WIB.

Delegasi Semarak Budaya Indonesia 2016 yakni Sanggar Semarak Candra Kirana, Krido Budaya, Kembang Lawu, Metta Budaya, Sarwi Budaya, Ayo Menari, Kinarnya Soerya Soemirat, Progressive Art, Solah Gatra, Daya Presta Jakarta, Getar Pakuan, dan Cundak Munik.

Di tahun ketiganya, Semarak Budaya Indonesia 2016 mengambil tajuk “Indah Tarianku”. Sanggar-sanggar yang berpartisipasi diberi kebebasan dalam menentukan repertoar maupun jenis tari. Tiap peserta boleh mementaskan tari tradisional, Nusantara, ataupun kontemporer.

Pergelaran ini bakalan dibuka oleh Sanggar Semarak Candra Kirana yang menampilkan Tari Puja Kidung Hayu. “Ini merupakan tarian sesaji dan doa yang dimaksudkan untuk memperlancar acara,” terang Pimpinan Sanggar Semarak Candra Kirana, Irawati Kusumorasri, dalam jumpa pers di Pendhapa Sekretariat Solo International Performing Arts (SIPA), Rabu (27/7/2016).

Perempuan yang kerap disapa Ira itu menambahkan, ada enam kelompok yang pentas di hari pertama. “Para penampil  di hari pertama mayoritas dari luar kota,” terangnya. Sedangkan tujuh sanggar bakal unjuk gigi di hari kedua.

Ira, yang juga penggagas Semarak Budaya Indonesia 2016, mengatakan, karena alam tidak bisa diprediksi, maka panitia menyiapkan satu venue cadangan yakni Gedung Ketoprak Balekambang. Venue indoor itu digunakan apabila turun hujan.

Ketua Panitia Semarak Budaya Indonesia 2016, Pandan Wangi, menyampaikan, Semarak Budaya Indonesia 2016 digelar untuk membangun ruang apresiasi dan aktualisasi sanggar-sanggar seni. “Lewat acara ini kami juga ingin mempromosikan sanggar-sanggar tari kepada stakeholder yang berniat menyewa jasa sanggar tari,” ucapnya.