Menapak Tilas Perpindahan Kampus UNS Surakarta Lewat Kirab Budaya

0
64

Soloevent.id – Maret menjadi bulan yang membahagiakan bagi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Di bulan ketiga inilah diperingati Dies Natalis UNS Surakarta.

Tahun ini UNS berusia 42 tahun. Nah, untuk merayakannya digelar berbagai acara. Salah satunya adalah kirab budaya yang berlangsung pada Selasa (6/3/2018).

Ratusan peserta kirab berangkat dari Pagelaran Keraton Surakarta menuju Kentingan. Dua lokasi itu tak bisa dilepaskan dari sejarah UNS. Sebelum menetap di Kentingan seperti sekarang ini, UNS pernah menempati Pagelaran Keraton Surakarta.

Kirab budaya ini menjadi semacam napak tilas prosesi perpindahan dari Pagelaran menuju kampus Kentingan. Menurut Ketua Bidang Pameran Dies Natalis ke-42 UNS Surakarta, Ary Setyawan, saat dirintis, UNS – yang merupakan gabungan dari IKIP Negeri Surakarta dan beberapa universitas swasta –kerap berpindah lokasi kampus.



Pada perayaan Dies Natalis ke-42 ini, kirab diikuti oleh fakultas-fakultas di UNS, Ikatan Keluarga Alumni UNS, lembaga di UNS, mitra UNS, dan masih banyak lagi. Rektor UNS Surakarta, Ravik Karsidi, juga turut mengikuti kirab.

Ia bersama jajarannya menaiki truk trailer hias dan menjadi salah satu rombongan terdepan. Peserta kirab yang berada paling depan adalah kelompok barongan, di belakangnya ada mahasiswi-mahasiswi berkostum carnival, lalu Resimen Mahasiswa (Menwa) UNS yang membawa panji-panji UNS Surakarta, barulah disusul oleh truk berisi petinggi UNS. Di barisan selanjutnya terdapat arak-arakan andong, mobil hias, jeep, dan lainnya.

Sehabis diberangkatkan dari Pagelaran, rombongan kirab menuju Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Koloner Sutarto-Jl. Ir. Sutami. Titik finish berada di Gedung dr. Prakosa UNS Surakarta.

Kirab budaya dalam rangka Dies Natalis ke-42 UNS Surakarta diakhiri dengan penyerahan pataka dari  Rektor kepada Ketua Senat UNS Surakarta, Suntoro. “Mugi UNS tansah kuncara [Semoga UNS semakin terkenal],” kata Suntoro dalam sambutannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here