Kirab Hingga Bagi-Bagi Jenang Meriahkan Dies Natalis UNS Surakarta

270

Soloevent.id – Merayakan Dies Natalis ke-43, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar berbagai kegiatan. Jumat (8/3/2019) pagi, UNS Surakarta mengadakan Kirab Bela Negara. Kirab ini sekaligus menjadi pembuka dimulainya Sebelas Maret Festival (Semartfest).

Di dalam rombongan Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi tedapat seorang peserta yang memakai kostum karnaval bertema Garuda. Kirab juga menampilkan UNS Fashion, Duta Bela Negara, dan di bagian akhir ada ogoh-ogoh berbentuk Garuda. Kirab dimulai dari Boulevard hingga halaman Gedung Pusat dr. Prakosa.

Dies Natalis ke-43 UNS Surakarta juga dimeriahkan dengan bagi-bagi sebelas macam jenang. Ketua Semartfest 2019 Ary Setyawan mengatakan jenang yang akan dibagi antara lain jenang sumsum, jenang abang putih, jenang abang, jenang grendul, jenang procotan, jenang tumpang, dll. Jenang bakalan dibagi usai senam bersama dan jalan sehat keluarga UNS Surakarta pada Sabtu (9/3/2019). Jenang bisa dinikmati seluruh civitas akademika serta masyarakat yang datang ke kampus. “Panitia menyediakan 11.000 mangkok jenang untuk acara ini,” jelasnya.

Selain dua event di atas, banyak kegiatan akan diselenggarakan dalam Semarfest 2019. Seperti Festival Band Cinta Tanah Air dan fashion show batik oleh para pejabat di UNS yang sejauh ini pesertanya sekitar 100 orang.



Saat malam hari, panggung pesta rakyat akan mementaskan fashion show, paduan suara Voca Erudita, perform teatrikal dengan konsep yang menyatu dengan alam, pertunjukan Tari Gadon, Tari Gambyong, dan banyak lainnya. Ada juga stan kuliner serta pameran UKM.