Donny Damara Sempat Deg-degan Memerankan Guru Ngaji

0
217

Soloevent.id – Pernah memerankan berbagai karakter, mulai dari tokoh pahlawan hingga transgender, kini di tahun 2018 Donny Damara ditantang memerankan tokoh religius di film Guru Ngaji.

Sesuai dengan judul filmnya, Donny harus berperan sebagai sosok guru mengaji yang ikhlas mengajar tanpa pamrih. Walau terdengar mudah, bagi Donny memerankan sosok guru di film ini lumayan berat. Ia mengaku cukup deg-degan dan khawatir jika salah.

“Saya khawatir salah melafalkan ayat-ayat Al-Quran saat mengajar ngaji. Di sini kan saya jadi guru, takutnya kalau salah nanti ditiru,” ungkapnya saat meet and greet di Solo Paragon Mall, Jumat (23/3/2018).

Maka dari itu, pemenang “Aktor Terbaik” Asian Film Award 2012 ini amat berhati-hati. Ia belajar cara mengajari mengaji dan melafazkan ayat dengan baik, serta banyak bertanya apakah sudah benar qolqolah dan tajwidnya.

Guru Ngaji bercerita tentang Mukri, guru ngaji di Desa Tempuran, yang selama ini ikhlas mengajar tanpa pamrih. Namun, untuk mencukupi kebutuhan keluarga, Mukri terpaksa bekerja sampingan menjadi badut.

Mukri pun dilanda dilema karena merasa guru mengaji adalah pekerjaan sakral dan dihormati, sementara profesi badut harus memancing tertawaan orang. Karena itu, ia merahasiakan kerja sampingannya dari keluarga maupun segenap warga desa.



“Film ini garis besarnya mengenai keikhlasan, bagaimana mereka (tiap tokoh) coba ikhlas dan bertoleransi dengan ras dan golongan lain. Jika ada konflik, penyelesaiannya simpel, tidak runcing dan diprovokasi,” ujar aktor berusia 51 tahun ini.

Selain Donny Damara, Guru Ngaji juga diramaikan oleh Dewi Irawan, Dodit Mulyanto, Ence Bagus, Andania Suri, dan Tarzan. Film ini serentak di putar di bioskop pada 22 Maret 2018.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here