Asyiknya Ngabuburit Sambil Bikin Komik

0
66

Soloevent.id – Komunitas KomuniKota Visual bersama dengan Kelurahan Setabelan, Supermoon Comics, dan Cafe Librarie mengadakan acara Ngabuburit Asyik Sambil Bikin Komik di Taman Perpustakaan Green Library, Setabelan, pada Kamis (24/05) lalu. Event ini sekaligus digelar untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Digelar berdampingan dengan bazar buku murah, acara itu mengajak anggota Forum Anak Kelurahan Setabelan untuk berkumpul dan membuat komik bersama. Sebelum diwarnai oleh anak-anak, karakter komik sudah dibikin dan didesain oleh Supermoon Comics yang karya-karyanya telah merambah ke Ibu Kota hingga negara-negara di Asia.

Komik-komik bertema nasionalisme seperti “Aku Cinta Indonesia”, “Aku Anak Indonesia Peduli Sampah” dibagikan kepada Forum Anak Setabelan dengan harapan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme, kebanggaan, dan kecintaan terhadap Tanah Air lewat media komik.

Sekitar 30 anak dari 9 RW di Kelurahan Setabelan mengikuti acara ini dengan antusias. Salah satunya adalah Rista Novitasari, siswi kelas 3 SD Negeri Kepatihan ini mengaku senang mengikuti acara membuat komik bersama. “Saya menulis cerita. Ceritanya ini (menunjuk tokoh komik) mengajak ini  (tokoh lainnya) untuk jaga kebersihan dengan tidak buang sampah sembarangan,” ungkapnya polos. Anak-anak diajak menyusun cerita pada kolom dialog yang masih kosong pada lembar komik. Kemudian mereka dapat mewarnai komiknya sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Event ini juga merupakan rintisan pembentukan Forum Anak Kelurahan Setabelan. Lurah Setabelan Sudadi, mengatakan, “Ini kan dalam rangka membentuk Forum Anak tingkat Rukun Warga (RW). Pak Wali Kota mengimbau, Forum Anak harus ada pada tiap-tiap RW supaya tidak ada yang terlewat,” ungkapnya.



Acara sore itu juga diisi dengan sosialisasi Gemar Budaya Baca oleh Arpusda Pemkot Surakarta, yang juga melibatkan Dinas Perlindungan Anak Surakarta, dan Badan Pemberdayaan Masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here