Festival Gamelan Berskala Internasional bakal Digelar di Kota Solo

0
75

Soloevent.id – Pada Agustus mendatang, tepatnya tanggal 9-16, grup-grup karawitan dari berbagai daerah di Indonesia – bahkan mancanegara – bakal manggung di Kota Solo dalam International Gamelan Festival 2018.

Beberapa kelompok karawitan asal luar negeri yang akan tampil antara lain Siswa Sukra (Inggris), Wesleyan Gamelan Ensemble (Amerika Serikat), Widosari (Belanda), Surya Kencana A (Hungaria), Lambangsari (Jepang), dan banyak lagi.

Lewat akun Facebook resminya, International Gamelan Festival 2018 mengabarkan bahwa event ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu pertunjukan, konferensi, workshop, penerbitan buku, dan pameran.

Untuk pertunjukannya, recananya digelar di Benteng Vastenburg, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Bentara Budaya Balai Soedjatmoko, Rumah Banjarsari, Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, Lokananta, dan venue strategis lainnya.

Festival musik berskala internasional ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi antarkelompok gamelan, sekaligus menjadi pembuktian bahwa gamelan telah mengalami persebaran ke berbagai penjuru dunia dan diapresiasi oleh berbagai jenis masyarakat.



“Komunitas gamelan bukan hanya tersebar dan menjadi bagian kultur tradisional di berbagai penjuru Nusantara, tetapi telah menyebar melampaui batas administrasi negara. Sudah sejak awal abad lampau, komunitas-komunitas gamelan telah ada di negara-negara Eropa, kemudian menyusul Amerika, Australia, dan sejumlah negara Asia,” tulis International Gamelan Festival 2018 di akun Facebook-nya.

Mengundang pelaku, pemerhati, dan peneliti gamelan, International Gamelan Festival 2018 kepingin agar gamelan bisa dikenal secara lebih luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here