7 Makanan Yang Menjadi Ciri Khas Kota Solo

1086
7 MAKANAN YANG MENJADI ICON KOTA SOLO

7 MAKANAN YANG MENJADI ICON KOTA SOLO

Soloevent.id – Berikut adalah beberapa daftar makanan yang menjadi ciri khas kota Solo :

SOSIS SOLO

Sosis Solo isinya berupa daging sapi yang di cacah kemudian ditumis dengan beberapa bumbu rempah seperti merica. Sosis klasik ini bisa di jumpai di RM Kusuma Sari Nonongan. Dalam perkembangannya sosis Solo juga diisi sengan irisan rebung atau juga daging ayam.

SELAT SOLO

Dari pengaruh bangsa Eropa yang datang di abad kolonial,  orang jawa mengadaptasi bestik dan steak dengan olahan ala jawa. Jadilah selat Solo yang berkuah. Selat ini bisa dinikmati di Selat Solo Tegal Sari, dekat Pondok Takmirul. Juga di selat Mba Ris di daerah Solo Selatan. Selat Vien Pasar Nangka, Selat Solo di Kusuma Sari, Omah Selat di Jagalan dan juga di warung bestik.

ROTI MANDARIJN

Roti mandarijn bisa dibeli di Toko oleh-oleh Orion, Pasar Gede ke utara sebelum Stasiun Jebres. Roti mandarijn cirinya terdiri dari dua lapis, warna cokelat dan kuning. Mandarijn Orion terkenal lumer dan lembut. Roti mandarijn yang lain bisa juga dipesan di toko roti Dr Handoyo Pasar Legi, toko Roti Tsabita di Jl. Dr Sutoma, di Turisari, Paragon ke timur. Dan beberapa toko kue di Solo.

SRABI NOTOSUMAN

Makanan yang terbuat dari tepung beras ini sudah sangat dikenal sebagai makanan khas kota Solo. Serabi Notosuman terletak di  Jl. Muh. Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta.

GUDEG CEKER

Disebut Gudeg Ceker karena selain menu Gudeg yang menjadi andalannya menu lain yang cukup digandrungi adalah ceker ayam kampungnya. Direbus hingga lembut bersama bumbu yang meresap hingga ke tulang cekernya, memudahkan kita ketika memakannya. Gudeg Ceker bisa kita jumpai di Gudeg Ceker  Bu Kasno dan Gudeg Bu Wiryo di Jl Slamet Riyadi, dan Gudeg Mbak Yus Jl Kartini.

TIMLO SOLO

Timlo merupakan makanan yang isinya berupa jamur kuping, wortel, sosis, hati ampela ayam dan telur. Kemudian diguyur kuah segar. Timlo Solo bisa kita jumpai di Timlo Maesto Jl Teuku Umar atau timur Keprabon,  Timlo Solo di utara Pasar Gede, Timlo Stadion di seberang Tugu Lilin Penumping,

SOTO GADING

Soto Gading merupakan Soto Ayam khas Solo, Selain soto Gading, juga ada soto Batiah Kerten Jl Sam ratulangi, Soto Triwindu di Keprabon, Soto Trisakti, Soto Bu Fatimah Tipes dan Soto malam Mbak Ronggeng Pasar Legi.